Dampak atau Akibat Air Radiator Mobil Habis/Bocor

Iklan Oleh Google
www.otoqita.com - Mengetahui dampak atau akibat air radiator mobil habis atau bocor. Perlu kita tahu bahwa air radiator adalah bagian dari sistem pendinginan mesin agar mesin tetap bekerja pada temperatur kerja mesin.

Dalam artikel dampak kehabisan air radiator mobil ini, hal yang sama juga bisa terjadi, jika hal-hal berikut ini terjadi pada kendaraan Anda, berikut adalah penyebab lain mobil bisa kehabisan air radiator, yaitu:
1. Kipas radiator Mati
2. Fan belt, drive belt putus sehingga water pump berhenti berputar
3. Radiator Buntu
4. Tutup radiator rusak
5. Water pump bocor
6. Thermostat macet
7. Slang-slang air radiator pecah
8. Sensor suhu mesin rusak atau ECU bermasalah, 

Berapa derajat suhu kerja mesin mobil? Suhu kerja mesin mobil ideal berada di antara 90 derajat celsius hingga 96 derajat celsius tanpa hidup ac mobil.

Jika ac mobil dinyalakan, maka suhu kerja mesin bisa mencapai sekitar 80 derajat celsius, hal ini dikarenakan saat hidup ac mobil, kipas radiator atau fan radiator berputar untuk membantu pendinginan kondensor ac yang secara otomatis juga membuang panas dari radiator. Dan ini biasanya ditemukan pada kendaraan dengan kipas radiator elektrik.
air radiator mobil habis

Dampak atau Akibat Air Radiator Bocor/Habis

Berikut adalah beberapa dampak yang bisa diakibatkan jika air radiator bocor atau bahkan sampai habis, yaitu:
1. Mesin akan overheat atau mesin mobil terlampau panas.

2. Akibat mesin terlampau panas akan menyebabkan mesin mati mendadak atau mobil mogok di tengah jalan.

3. Pada beberapa kasus jika mesin overheat dipaksa jalan bisa menyebabkan kebocoran sistem pendingin didalam mesin, seperti halnya oli campur air atau air masuk ruang bakar mesin, yang kadang bisa menyebabkan mesin sulit hidup.

4. Pada kasus yang ekstrim, jika mesin overheat dipaksa jalan, jika saat itu secara kebetulan oli mesin tinggal sedikit, hal ini akan menyebabkan mesin macet karena bisa jadi oli mesin akan ikut mengering akibat panas mesin berlebihan tersebut. Ini artinya adalah tambahan biaya untuk perbaikan mesin.


Banyak kasus mobil turun mesin yang diawali oleh air radiator habis atau bocor.


Cara Mudah Mengetahui Air Radiator Bocor

Berikut beberapa tips mendeteksi air radiator bocor secara mudah:
1. Hidupkan mesin, tanpa menyalakan ac mobil, periksa pada kolong mesin atau bagian bawah mesin, tunggu hingga mesin panas agar tekanan air radiator naik, periksa apakah terlihat tetesan air? Jika terlihat tetesan air kemungkinan besar terdapat kebocoran pada air radiator (cooling sistem).

2. Jika bocor berada didaerah radiator, bisa jadi agak sedikit sulit dideteksi secara kasat mata untuk kita yang belum terbiasa, karena kemungkinan bocor kecil dan air radiator yang keluar terhisap oleh kipas radiator sehingga tidak meninggalkan jejak. Atau jika bocor kecil terjadi pada water pump, biasanya air tidak terlihat jatuh, karena tetesan air ikut berputar bersama water pump. Silakan lihat Apa itu Water Pump Pada Mobil.

3. Saat mobil jalan, perhatikan indikator temperatur mesin, kalau masih pakai jarum, cek apakah jarum suhu mesin berada lebih dari setengah atau sampai ke batas warna merah. Jika kendaran menggunakan led indikator, perhatikan apakah led indikator suhu mesin pada panel spidometer berkedip-kedip?
Iklan Oleh Google
Konten Rekomendasi
Dampak atau Akibat Air Radiator Mobil Habis/Bocor | Muhammad Sulkan | 5