Home » » Mesin Avanza Tiba-Tiba Mati Akibat Rantai Kamrat Loncat

Mesin Avanza Tiba-Tiba Mati Akibat Rantai Kamrat Loncat

www.otoqita.com - Akhirnya ketemu judul yang tepat untuk menggambarkan masalah mesin avanza mati tiba-tiba saat mobil jalan dan mesin tidak bisa hidup saat distarter, avanza 1.3 non vvt-i mesin mati mendadak saat mobil jalan. Informasi dari yang punya kendaraan secara tiba-tiba saja mesin mati saat mobil sedang jalan.

Karena banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mesin mobil mati mendadak atau mesin mobil mati tiba-tiba saat mobil jalan sedangkan untuk kejadian rantai timing lompat atau rantai kamrat loncat adalah kejadian yang langka atau jarang terjadi atau bahkan dianggap tidak bisa terjadi tetapi belum tentu tidak bisa terjadi.

Saat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab mesin mati tiba-tiba ini seperti:
1. Periksa nyala api dibusi terlihat ada api dibusi
2. Periksa kerja injektor, terlihat semburan injektor keras dan busi juga terlihat basah oleh bahan bakar.
3. Pemeriksaan tekanan kompresi mesin juga terlihat normal pada semua silinder.

Sewaktu melakukan pemeriksaan apakah mungkin knalpot buntu, terasa angin keras saat mesin distarter, dugaan sementara rantai kamrat loncat atau ada klep mesin bocor atau berlubang diketahui saat masukan semprotan bahan bakar langsung melalui throttle body sambil membuka katup gas, dari dalam throttle body ketika semprotan bahan bakar dimasukan sambil mesin starter, justru terlihat bahan bakar yang dimasukan terlihat kembali menyembur keluar.

Ketika coba rasakan hisapan mesin dari throttle body sambil membuka penuh katup gas, tenyata hisapan mesin hanya terasa sedikit bercampur dengan tiupan angin dari dalam throttle body.

Dari sini analisa kemungkinan ada klep mesin rompal atau klep mesin rusak sehingga angin menyembur ke throttle body, tetapi kalau melihat tekanan kompresi yang terlihat bagus, hal ini tidak mungkin terjadi.

Setelah beberapa analisa diatas, akhirnya buka tutup klep atau head cover mesin, dan ketika posisi mesin diatur pada posisi top silinder 1 (satu), terlihat posisi top mesin pada sprocket camshaft, baik in maupun sprocket camshaft exhaust terlihat posisi yang bergeser beberapa gigi, silakan untuk detailnya lihat gambar dibawah ini.
Keterangan gambar diatas, panah kuning adalah tanda posisi top mesin seharusnya, tetapi pada sprocket camshaft bergeser beberapa gigi

Penyebab Rantai Kamrat Loncat

Penyebab kenapa rantai kamrat loncat ini belum diketahui secara pasti, apakah karena kondisi oli mesin yang sudah terlihat mengental dan terlalu hitam sehingga terdapat kotoran pada filter oli yang menyumbat aliran oli ke plunger tensioner rantai kamrat atau apakah dari faktor pekerjaan perbaikan mesin sebelumnya, mengingat umur mobil sudah lebih dari 10 tahun pemakaian.

Karena rantai kamrat loncat hanya beberapa gigi, untungnya tidak sampai membuat rusak klep mesin.

Setelah timing mesin diperbaiki dan ditepatkan seperti seharusnya, cek ulang kompresi mesin ternyata masih baik, dan cukup sekali starter mesin langsung hidup normal kembali, semoga berguna.

Terimakasih telah membca artikel berjudul Mesin Avanza Tiba-Tiba Mati Akibat Rantai Kamrat Loncat

0 komentar Mesin Avanza Tiba-Tiba Mati Akibat Rantai Kamrat Loncat