Mengatasi Mesin Mobil Ndut-Ndutan Pada Mobil Injeksi

Iklan Oleh Google
www.otoqita.com - Pada artikel mengatasi mesin mobil ndut-ndutan atau nyendat pada mobil injeksi kali ini akan saya ulas untuk dua tipe mobil dari generasi berbeda, yaitu pada honda accord cielo dan toyota vios limo 2007.

1. Mesin Mobil Ndut-Ndutan Pada Honda Accord Cielo

Lampu check engine menyala disertai mesin mobil ndut-ndutan atau rpm idle naik turun dengan cepat disertai mesin goyang ke belakang dan kedepan, untuk hal ini sebenarnya bukan mesin nyendat bukan pula mesin mbrebet.

Mesin ndut-ndutan atau mesin mengayun yang terjadi pada honda cielo ini terjadi adalah akibat IACV atau ISC tidak berfungsi. Hal ini terjadi karena tidak sesuainya antara udara yang masuk ke mesin dengan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke mesin oleh injektor.
Gambar 1 Letak ISC atau IACV honda cielo di Intake Manifold

Pemeriksaan kerusakan IACV atau ISC pada Honda Cielo bisa dilakukan dengan melihat kode kedipan lampu check engine, jika dengan scanner tidak bisa dideteksi. Masalah pada ISC valve akan memunculkan kode kedipan 14 (Satu Empat).
Gambar 2 Cara jumper konektor diagnosa obd1 honda cielo

Honda cielo memiliki 2 buah konektor diagnosa sistem injeksi yang terletak di bawah dashboard konsol tengah agak kiri, terdapat dua buah pin, yaitu pin konektor 2 kabel dan pin konektor 3 kabel.

Fungsi pin 3 kabel adalah untuk diagnosa mesin dengan alat scan, sedangkan konektor 2 pin adalah untuk melihat kode eror mesin melalui kedipan lampu check engine, pilih salah satu ketika akan diagnosa.

Seperti contoh masalah honda cielo mesin ndut-ndutan diatas, karena kabel pada soket isc putus, cek kode eror maka lampu check engine kedip 1 kali kemudian kedip 4 kali (kode 14).

Cara ceknya cukup mudah, jumper pin 2 kabel pada soket diagnosa seperti gambar 2 diatas, on kan kunci kontak dan kemudian hitung berapa kedipan lampu check engine.

2. Mengatasi Mesin Ndut-Ndutan dan Nyendat Pada Toyota Vios Limo 2007

Lain halnya dengan yang terjadi pada toyota vios limo 2007, mesin tidak normal ketika mendapat beban seperti saat ac hidup dan saat mobil jalan, mesin mobil ndut-ndutan dengan gejala yang beragam, silakan perhatikan beberapa gejala yang saya identifikasi pada vios limo 2007 ini.

1. Saat mobil diam, ac tidak hidup, saat lepas gas, ketika rpm mesin sudah dibawah 1000, mesin terasa mrebet seperti gejala salah satu busi mati.

2. Kadang saat hidup ac, rpm idle up terlalu tinggi, yang seharusnya 800 rpm menjadi sekitar 1500 rpm

3. Idle mesin kadang kasar dan bau tidak enak dari knalpot.

4. Saat mobil jalan sambil hidupkan ac mobil, rpm mesin lama turun ketika pedal gas dilepas, bahkan ketika pedal gas sudah sama sekali tidak diinjak, rpm mesin masih di atas 2000 rpm atau 3000 rpm, atau rpm mesin lama turun saat mobil jalan.

3. Mobil ndut-ndutan saat lepas pedal gas, ketika mobil jalan pakai gigi 3,  saat pedal gas dilepas (deselerasi) pada kecepatan 60km/jam atau dibawahnya, mobil terasa ndut-ndutan atau lari mobil seperti ditarik-tarik dari belakang.

Dari alat scan terdapat trouble code P0011 dan lampu check engine tidak menyala. P0011 artinya adalah Camshaft Posistion 'A' Timing Over-Advanced or System Performance Bank 1.
Gambar 3 OCV vios limo 2007

Dan masalah pada toyota vios 2007 ini terjadi akibat Posisi OCV yang kurang pas, silakan lihat gambar di atas.

Gambar 3 diatas terlihat jelas ocv yang sudah diperbaiki tetapi posisi atau hadap lubang ocv tidak tepat, seharusnya lekukan pada angka 1 berada persis di angka 2 (lihat gambar 3).

Setelah ocv yang mengatur sudut buka klep in diganti, rpm mesin normal kembali, tidak ada mrebet saat lepas gas (deselerasi).
Iklan Oleh Google
Konten Rekomendasi
Mengatasi Mesin Mobil Ndut-Ndutan Pada Mobil Injeksi | Muhammad Sulkan | 5