Mengatasi Ac Mobil Opel Blazer Tiba-Tiba Tidak Dingin

Otoqita.com - Memperbaiki ac mobil blazer tidak dingin atau kurang dingin yang disebabkan oleh kompresor ac tidak berputar setelah mesin panas karena celah center piece telalu jauh.

Untuk tambahan, banyak hal yang bisa memicu penyebab ac mobil tidak dingin pada mobil seperti halnya pada opel blazer. Untuk hal ini silakan baca-baca terlebih dahulu penyebab ac tidak dingin.

Salah satu penyebab ac kurang dingin pada opel blazer adalah karena salah satu kipas radiator mati, opel blazer menggunakan dua buah kipas pada radiator yang harus hidup dua-duanya ketika ac mobil dinyalakan. Jika salah satu kipas radiator tersebut mati atau tidak berputar saat ac hidup menyebabkan kondensor ac cepat panas dan efeknya adalah ac kurang dingin karena pembuangan panas kondensor ac kurang.

Silakan lihat Kondensor AC

Penyebab lain ac mobil blazer kurang dingin adalah karena sirkulasi freon tersumbat pada saluran orifice di evaporator yang berfungsi sebagai expansi valve, freon ac kurang atau evaporator kotor. Silakan lihat Bentuk Orifice Valve Opel Blazer.
Gambar accumulator ac opel blazer dan letak relay kompresor mobil blazer

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan paragraph pertama diatas, bahwa akan membahas masalah mobil opel blazer dengan keluhan ac tidak dingin tiba-tiba saat mesin sudah agak panas atau beberapa saat setelah ac hidup yang disebabkan oleh masalah clutch compresor.

Lebih detailnya seperti ini, ketika mesin baru hidup dan ac dihidupkan, kompresor ac berputar dengan baik sehingga ac mobil menjadi dingin, tetapi ketika sudah dingin thermostat ac memutuskan kerja kompresor ac, tetapi saat sudah waktu kompresor ac harus berputar kembali atau on kembali setelah off, kompresor tidak berputar. Dan akibatnya dari dashboard hanya keluar angin yang tidak dingin.

Ketika terjadi magnetic clutch tidak bisa menarik center piece atau kompresor ac tidak bekerja, pada pemeriksaan tegangan listrik terdapat tegangan listrik pada soket magnetic clutch, maka bagian mana yang menjadi penyebab masalah pada kompresor opel blazer ini bisa dianalisa antara lain adalah gulungan spul lemah, suhu mesin terlalu tinggi dan celah center piece dengan puli terlalu jauh.

Untuk keamanan saat pemeriksaan lebih lanjut, matikan mesin,  periksa nilai tahanan gulungan spul apakah masih masuk spesifikasi (3 sampai 4 ohm),  seperti yang saya lakukan ketika di beri arus listrik secara langsung dari aki ke spul magnetic clutch, arus listrik terlihat mengalir menuju magnetic clutch dan ketika didekatkan logam didepan center piece terasa tarikan magnet yang kuat tetapi tarikan magnet tersebut tidak sanggup menarik center piece.

Dengan sedikit bantuan dorongan center piece bisa menempel ke puli dengan bunyi yang agak keras. Bunyi agak keras ketika center piece terhubung ke puli merupakan tanda kalau celah center piece terhadap puli kompresor yang sudah terlalu jauh. Sehingga kemagnetan saat kondisi disekitarnya panas tidak sanggup menarik center piece.

Cara mengatasi masalah celah center piece kompresor ac yang sudah terlalu jauh akibat umur dan gesekan bisa dengan membuka kompresor ac, buka center piece dan atur kembali celah center piece dengan puli agar lebih dekat. Semoga berguna.