Memperbaiki Toyota Corona 2000 Tahun 1992 Tidak Bisa Hidup

Otoqita.com - Memperbaiki mesin toyota corona 2000 cc tahun 1992 tidak bisa hidup akibat tidak ada api dibusi dan penyebab tidak ada api dibusi ini karena sekring IGN selalu putus terus saat diganti, sekring selalu putus saat diganti atau sekring putus terus ketika diganti ini disebabkan oleh kerusakan atau terjadi short/konslet pada ECU.

Letak sekring IGN pada toyota corona 2000cc tahun 1992 ini berada di box sekring sebelah kanan pedal gas, nama label sekring terdapat di dalam tutup sekring.

Kerusakan pada ecu untuk mesin 3S-FE ini selain menyebabkan api dibusi tidak ada, juga menyebabkan lampu indikator check engine mati atau lampu check engine tidak nyala saat kunci kontak pada posisi ON.
Ecu toyota corona 2000cc tahun 1992
Toyota engine control 3S-FE 89661-2b110

Berikut adalah beberapa detail kerusakan yang terjadi pada ECU toyota corona 2000 cc tahun 1992 ini, yaitu terdapat 3 buah dioda yang merupakan dioda untuk power suplai arus listrik ecu mengalami kerusakan. Lihat juga Cara Ukur Dioda.

dioda suply ecu corona rusak

Setelah semua dioda yang rusak diganti, jalur pcb putus diperbaiki, pasang ecu dan cek semua sekring, saat kunci kontak ON lampu check engine terlihat menyala, ketika test api busi terlihat loncatan bunga api dari busi dan mesin bisa hidup normal kembali.

Kalau dilihat dari kerusakan ini bisa saya menebak bahwa sempat keliru pasang terminal aki, karena keluhannya adalah aki mobil selalu tekor atau tidak ngisi yang sebenarnya penyebab utamanya adalah karena kerusakan alternator.

Kemungkinan karena aki tidak ada setrum, kemudian yang punya kendaraan membawa aki ke tempat setrum aki dan saat aki mobil ini sudah selesai di charge, ketika memasang kembali sempat terbalik terminal aki. Sehingga justru mengakibatkan mesin tidak mau hidup saat distarter.

Semoga berguna, hati-hati saat pasang aki mobil agar jangan sampai klem aki terbalik.