Memperbaiki Ac Panas Atau Tidak Dingin Pada Mobil Peugeot 206

Otoqita.com - Beberapa waktu lalu saya memperbaiki ac panas pada mobil peugeot 206 dan penyebab ac panas kali ini adalah karena kipas radiator tidak berputar saat ac mobil hidup dan menyebabkan kondensor ac terlalu panas.

Kipas pendingin radiator dan kondensor ac pada peugeot 206 tahun 2001 ini menggunakan dua kecepatan atau fan radiator dual speed, posisi kipas radiator berada didepan kondensor dan meniupkan angin dari depan bukan menghisap panas radiator atau kondensor ac.

Maksudnya dua kecepatan adalah saat ac hidup kipas radiator berputar pelan tetapi ketika temperatur kerja mesin sudah tercapai kipas radiator berputar dengan kecepatan maksimal.

Penyebab kipas radiator mati saat ac hidup pada kasus kali ini adalah karena resistor pembatas arus listrik ke kipas radiator tidak terhubung dengan baik karena umur. Resistor fan condensor ac atau resistor pembatas arus listrik kipas radiator pada peugeot 206 terbuat dari bahan kawat dan terletak pada fan shroud.

Resistor pengatur kecepatan kipas radiator peugeot 206

Untuk membuka resistor kipas radiator peugeot 206 agak sulit karena tempat yang sempit tetapi masih bisa dibuka meski tanpa membuka bumper depan.

Gambar kipas kondensor dan radiator peugeot 206

Gambar diatas adalah gambar letak relay kipas radiator dua kecepatan pada peugeot 206 dan sekaligus letak resistor pengatur kecepatan kipas radiator. Semoga berguna.