Langkah dan Cara Ganti Busi Mobil Nissan Livina

Otoqita.com - Penting untuk diketahui ketika mengganti busi mobil nissan grand livina karena kalau tidak hati-hati dan sembarang melepas soket kabel bisa menyebabkan beberapa masalah diantaranya rpm mesin naik turun atau rpm tidak normal saat mesin hidup atau lampu indikator check engine menyala terus.

Dalam artikel ini kita akan menemukan beberapa pembahasan cara ganti busi mobil grand livina diantaranya adalah alat atau sst atau kunci-kunci yang dipakai untuk proses ganti busi grand livina, langkah-langkah membuka intake manifold yang menutupi tempat busi serta bagaimana agar setelah ganti busi tidak menimbulkan masalah lain seperti rpm naik turun atau check engine menyala terus.

Gambar busi nissan grand livina

Gambar diatas adalah busi iridium untuk nissan grand livina yaitu DENSO Iridium FXE20HE 1.1, harga busi Denso Iridium Nissan Livina ini sekitar Rp 100.000,00 per biji.

Kunci Untuk Proses Cara Ganti Busi Mobil Grand Livina
1. Kunci T 10 mm dan kunci shock 10 mm serta sambungan pendek atau kunci 10 shock kecil
2. Rachet
3. Kunci shock 8 mm dan kunci T 8 mm
4. Magnet untuk ambil busi, ini tidak mesti ada.
5. Kunci shock 14 mm panjang khusus atau kunci T 14 mm lubang panjang
6. Tang kombinasi
7. Kunci 10 mm kombinasi atau kunci ring
8. Obeng minus
Bagian-bagian intake manifold nissan livina
Langkah Langkah Cara Ganti Busi Mobil Livina
1. Buka klem aki negatif menggunakan kunci 10mm, tunggu beberapa menit, buka 2 buah kancingan saluran udara antara filter udara dengan throttle body menggunakan kunci T 8 mm (Panah no 2), buka klem saluran udara pernafasan mesin menggunakan tang kombinasi (panah no 3). Setelah itu lepas saluran udara tersebut. Lepas juga saluran udara menuju filter udara, buka kancingan plastik(panah no 4).
Langkah 1 membuka busi nissan livina

2. Gunakan kunci shock 8 mm untuk membuka 4 buah baut pegangan throttle body, pada throttle body terdapat 2 buah slang air pendingin mesin, slang tersebut tidak perlu dilepas dan soket kabel throttle body juga tidak perlu dilepas.

- Buka soket kabel dan slang pada VSV, silakan lihat Apa Itu Katup VSV.

- Buka 2 buah baut kepala 10 mm pada tanda panah no 7 satu baut berada lurus dibagian bawah, ini untuk melepas saluran pipa dibelakang manifold.

- Buka klem slang vacuum booster rem menggunakan tang kombinasi kemudian lepaskan slang vacuum booster rem dari intake manifold (tanda panah 8).

- Buka baut 8 mm dengan kunci shock 8 (panah no 9) baut ini memegang intake manifold pada cover atas silinder head terdapat dua buah baut, yang satu berada dibawah throttle body.

- Tarik stik oli dan tabung cadangan air radiator (tanda panah 10)

- Buka 5 buah baut kepala 10 mm dengan kunci shock 10mm dan sambungan pendek, kelima baut memegang intake manifol ke silinder head (tanda panah 11).

Langkah kedua proses ganti busi mobil Nissan Grand Livina

3. Setelah semua baut pemegang intake manifold dilepas, maka akan tampak terlihat seperti gambar dibawah ini, koil dan injektor akan terlihat dengan jelas. Kemudian lepas satu persatu soket koil dan baut 10 mm pemegang koil.

Langkah ketiga proses cara ganti busi mobil Nissan Grand Livina

4. Setelah soket kabel koil dan baut pegangan koil dibuka, tarik semua koil keatas pelan-pelan.

Langkah keempat proses cara ganti busi mobil Nissan Grand Livina

5. Kunci Busi Nissan Livina, untuk ukuran kunci busi grand livina gunakan kunci busi 14 mm untuk melepas dan memasang busi dari silinder head, lubang busi nissan grand livina lumayan kecil tidak bisa jika dibuka menggunakan shock 14 panjang karena diameter bagian belakang kunci shock masih kebesaran tidak bisa masuk ke lubang busi atau kunci busi yang cocok atau sesuai untuk nissan grand livina yang bisa dipakai adalah kunci 14 T yang memilki lubang panjang.

6. Setelah busi dibuka, pasang busi baru, lihat juga kondisi busi, busi grand livina adalah busi iridium dengan kode busi DENSO Iridium FXE20HE 1.1 dengan celah busi 1.1 mm.

Setelah semua bagian yang telah dibongkar diatas dipasang kembali, jangan sampai ada soket yang kelupaan dipasang, periksa semua soket yang dilepas termasuk soket koil, soket ocv, soket vsv dan pastikan juga soket throttle body masih terpasang, setelah itu terakhir adalah pasang klem aki negatif dan hidupkan mesin.

Jika sudah sampai mesin dihidupkan ada soket belum terpasang, hal ini akan memicu lampu check engine menyala dan ecu tidak bisa direset dengan hanya melepas klem aki, untuk reset ecu harus dengan menggunakan scan tool dengan menghapus data trouble code.

Penyebab RPM Grand Livina Naik Turun Setelah Tune Up atau Setelah Ganti Busi
Tambahan: Jika karena satu dan lain hal, soket throttle body sempat terlepas ini akan memicu rpm mesin grand livina naik turun saat mesin hidup, kalau hal ini terjadi harus melakukan penyesuaian volume udara masuk atau IDLE Air Vol Learn, silakan lihat Idle Air Vol Learn baik secara manual atau menggunakan scan tool mobil Nissan.