Cara Memperbaiki Klakson Grand Livina Tidak Bunyi

Otoqita.com - Artikel cara memperbaiki klakson grand livina mati atau klakson tidak bunyi ini adalah yang disebabkan oleh kerusakan kabel fleksible pada rangkaian klakson yang ada di stir, dampak dari kerusakan kabel fleksible klakson tersebut menyebabkan klakson mobil nissan grand livina tidak bisa bunyi.

Gejala awal kabel fleksibel atau kabel spiral klakson grand livina rusak atau putus ini bisa dilihat dari bel mati saat stir lurus tetapi terkadang bel/klakson bunyi normal saat stir belok dan ini sebagai pertanda kabel fleksible sudah mulai rusak dan perlu diganti.

Untuk informasi harga kabel fleksibel klakson nissan grand livina atau harga kabel spiral klakson grand livina atau nissan evalia non airbag atau tanpa airbag adalah sekitar Rp.1.300.000.
Cara buka tombol klakson grand livina
Gambar 1

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Nissan Grand Livina Tidak Bunyi
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan klakson tidak bunyi pada nissan grand livina yang disebabkan karena kerusakan pada kabel fleksibel atau kabel spiral, seperti contoh yang saya tangani pada grand livina 2010 tanpa airbag di setir, yaitu:
1. Mengganti kabel fleksible
2. Memperbaiki atau mengganti jalur kabel yang digunakan untuk klakson dan ini tanpa mengganti kabel fleksibel dan termasuk penanganan sementara sebelum ganti kabel fleksibel.
Bagian bagian stir pada nissan grand livina
Gambar 2

Ada beberapa langkah cara memperbaiki klakson tidak bunyi pada nissan grand livina, berikut caranya:
1. Buka klem aki negatif
Karena kita akan melakukan perbaikan kerusakan kelistrikan mobil, apalagi jika dilengkapi dengan airbag, melepas klem aki adalah harus agar tidak terjadi hal tidak diinginkan seperti airbag meledak dan lain-lain.
2. Buka horn pad atau lepas tombol klakson
Cara buka tombol klakson grand livina adalah dengan cara menekan kawat yang terlihat dari lubang kecil dibawah horn pad, penutup lubang kecil dibuka terlebih dahulu. Silakan lihat pada gambar no 1, posisi kawat kuncian horn pad yang bisa didorong dari luar.

3. Kendurkan mur 19 mm kuncian stang stir untuk melepas atau membuka stir, tapi tidak perlu membuka stang stir, di artikel ini, dan kenapa stang stir dan kabel fleksibel saya buka? Itu karena untuk memudahkan pemeriksaan jalur kabel fleksibel untuk klakson, karena saya perlu melakukan pengukuran kabel mana yang masih baik atau tidak putus.

4. Buka box penutup stir (cover steering column) dari bawah terdapat 3 buah sekrup, buka ketiga buah sekrup menggunakan obeng plus atau obeng kembang dan tarik bagian bawah box dibawah setir tersebut, setelah itu akan kelihatan 2 buah soket yang terhubung ke kabel fleksibel, yaitu soket warna abu-abu untuk jalur klakson(soket berisi satu kabel) sedang soket warna kuning(berisi 2 kabel) untuk kabel AIRBAG di setir, tetapi soket untuk airbag tidak terpakai karena kendaraan tidak dilengkapi airbags.
soket air bag dan soket klakson grand livina
Gambar 3

5. Pada soket yang menjadi satu dengan kabel klakson terdapat 8 buah pin, ukur satu persatu lihat pin yang masih terhubung dengan bagian atas, setelah itu pindah skun kabel pada pin yang masih berhubungan atau tersambung. Contoh pada gambar 3 diatas pada jalur kabel klakson sudah saya pindah, jalur kabel asli ada pada lubang dengan tanda panah kuning.

Cara buka skun  kabel atau cara ganti posisi kabel pada konektor, kita bisa gunakan obeng minus kecil untuk untuk membuka 2 buah kancingan, satu disamping tiap-tiap skun (gambar kanan pada gambar 4) dan satu kancingan (gambar kiri pada gambar no 4) untuk mengunci semua skun terletak di bagian belakang skun.
Gambar cara membuka kabel dari konektor
Gambar 4
Gambar diatas adalah gambar cara melepas skun kabel dari rumah konektor, gambar tersebut tidak sama persis tetapi prinsipnya adalah seperti itu.
Gambar 5

6. Langkah ke enam adalah mengganti atau merubah posisi pada konektor kabel klakson sebelah atas (lihat juga gambar 1 diatas), kabel klakson asli berada diurutan no 3, kemudian saya rubah menjadi urutan no 5, jika diukur menggunakan avometer maka jalur nomor 5 berhubungan dengan kabel klakson pada gambar 3 diatas.

Setelah posisi terminal kabel klakson pada konektor, baik itu konektor atas atau konektor bawah sudah dirubah, pasang kembali konektor pada tempatnya dan sentuhkan ujung kabel hijau gambar disamping ini ke ground atau ke logam  atau as stir, klakson pasti bunyi normal kembali. Setelah itu pasang ujung kabel tersebut ke horn pad dan pasang horn pad atau tombol klakson pada pada tempatnya sampai masuk di kancingan pada stir (lihat gambar 1).

Tambahan Penting Jika Kabel Spiral Sempat Dibuka atau Di Putar-Putar
Jika stir telah dibuka untuk melepas kabel spiral atau kabel spiral telah diputar-putar atau pun akan mengganti kabel spiral yang baru, agar kabel tidak putus semua karena posisi yang salah berikut adalah caranya:
1. Luruskan posisi roda depan, posisi lurus kedepan tidak boleh pada posisi belok.
2. Putar kabel spiral searah jarum jam secara pelan-pelan hingga tidak bisa diputar lagi, kemudian putar berlawanan arah jarum jam sebanyak 2 1/2 (dua setengah kali putaran) agar posisi kabel spiral berada ditengah-tengah saat roda depan lurus.

Gambar dibawah adalah gambar posisi kabel spiral atau kabel fleksibel stir Livina saat diputar penuh sampai tidak bisa berputar lagi.
Kabel spiral Nissan Grand Livina
Gambar 6

Kabel spiral atau kabel fleksibel stir nissan grand livina memiliki jumlah putaran 5 kali putaran penuh atau 5 x 360 derajat, untuk mendapatkan posisi tengah-tengah agar kabel tidak rusak saat setir diputar, maka harus diputar sebanyak dua kali putaran ditambah setengah putaran dari posisi putaran penuh, sehingga posisinya akan sama persis seperti kondisi terlihat pada gambar 1 diatas. Semoga berguna.