Fungsi Oli Kompresor Ac Mobil dan Cara Ganti Oli Kompresor

Otoqita.com - Kompresor ac mobil adalah merupakan komponen penting pada sistem ac mobil yang berfungsi untuk memompa dan menghisap refrigerant atau mensirkulasikan freon di dalam sistem ac mobil, menghisap freon pada sisi tekanan rendah dan menekan freon pada sisi tekanan tinggi.

Di dalam kompresor ac mobil terdapat piston yang bergerak mengikuti putaran mesin melalui puli kompresor saat ac mobil dinyalakan, pergerakan piston didalam kompresor jika tidak ada oli pada kompresor bisa menyebabkan kerusakan kompresor dalam waktu cepat.

Fungsi Oli Kompresor Ac Mobil
Jadi fungsi oli kompresor ac mobil adalah untuk melumasi kompresor ac mobil agar tidak cepat rusak dan fungsi lainnya adalah agar supaya kompresor ac tidak bunyi keras, jadi salah satu cara untuk mengetahui oli kompresor ac mobil habis akibat bocor adalah dengan mendengarkan bunyi-bunyian aneh dari kompresor ac seperti ngorok.

oli kompresor ac mobil

Harga Oli Kompresor Ac Mobil
Informasi harga kompresor ac mobil, untuk oli nd 8 dengan ukuran kaleng 250cc adalah sekitar Rp.75.000,00.

Cara Ganti Oli Kompresor AC mobil
Untuk mengganti atau menambah oli kompresor ac bisa dilakukan dengan beberapa cara, mengganti oli kompresor ac dengan menambah oli kompresor ac adalah pekerjaan berbeda.

Cara ganti oli kompresor ac sebaiknya kendaraan dibawa ke bengkel ac karena untuk penggantian oli kompresor ac, freon di dalam sistem ac harus dikosongkan terlebih dahulu, kemudian kompresor ac dibuka dari mesin dan oli di tumpahkan dengan membalik dan memutar kompresor dengan tangan agar oli kompresor keluar. Biasanya oli kompresor yang bisa di buang dengan cara ini adalah sekitar 100 cc.

Kemudian isikan oli kompresor ke dalam kompresor ketika kompresor ac belum dipasang kemesin melalui lubang saluran tekanan rendah pada kompresor, cara mengisi oli kompresor ac mobil juga bisa dilakukan saat proses vacuum sebelum isi freon.

Cara menambah oli kompresor ac mobil
Kenapa perlu menambah oli kompresor ac mobil? Beberapa pengerjaan ac mobil seperti setelah membuka komponen ac mobil misalnya buka kondensor ac, buka receiver drier, buka slang-slang ac atau membuka evaporator. Pada proses membuka komponen tersebut oli kompresor ikut keluar dari sistem saat freon dikosongkan sehingga perlu menambah oli kompresor.

Penambahan oli kompresor ac mobil juga tidak bisa sembarangan, jumlah oli yang perlu ditambah harus disesuaikan dengan bagian mana yang dibuka, karena jika oli kebanyakan bisa menyebabkan ac kurang dingin atau ac tidak dingin setelah isi freon. Silakan lihat Faktor Penyebab Ac Tidak Dingin yang menjelaskan uraian diatas.

Misal jika kita membuka kondensor ac, berapa cc oli kompresor ditambah? Untuk kondensor ac jika dibuka atau diganti penambahan oli kompresor cukup sekitar 40cc sampai 60 cc.

Beberapa cara menambah oli kompresor ac:
1. Jika kompresor sehabis dibuka atau dibuang oli nya, untuk menambahkan oli compresor bisa langsung dimasukan melalui lubang inlet pada kompresor yang memiliki diameter lubang berukuran lebih besar. Berapa banyak oli compresor yang harus dimasukan? Jika oli kompresor telah dibuang habis, untuk kompresor berukuran kecil seperti punya innova atau vios atau avanza cukup ditambahkan sebanyak 150 cc.

2. Jika menggunakan manifold gauge, oli compresor bisa dimasukan setelah proses vacuum atau sambil vacuum.

Cara masukan oli kompresor adalah sebagai berikut:
Saat proses vacuum atau setelah vacuum, tutup kran manifold tekanan rendah, buka slang tekanan rendah dari manifold, saat dilepas slang dari manifold gauge terdengar suara hisapan karena terjadi kevacuuman kemudian masukan oli kompresor sesuai dengan jumlah yang diperlukan melewati lubang slang yang dibuka dari manifold gauge tersebut dan oli kompresor masuk semua karena dihisap.

Pasang kembali slang tekanan rendah ke manifold dan lanjutkan vacuum dengan posisi kran tekanan rendah pada manifold masih tertutup. Ini untuk mengantisipasi ada udara yang ikut masuk ke sistem ac ketika menghisap oli kompresor tadi.
alat ac r3 spx robinair ac 375

3. Jika menggunakan alat recovery atau alat ac R3, cukup taruh oli pada tabung oli compresor, saat proses vacuum selesai, secara otomatis masuk ke menu inject oil untuk memasukan oil dan tekan tombol inject oil agar oli kompresor yang telah tersedia didalam tabung terhisap, sesuaikan dengan jumlah yang diperlukan sambil lihat skala ukuran pada tabung oli.

Semoga berguna.