Diagram Kelistrikan Kabel Dinamo Ampere Suzuki Carry 1,5

Otoqita.com - Gambar skema rangkaian kelistrikan Alternator atau dinamo isi pada mobil suzuki carry 1.5 Injeksi.

Baiklah saya akan menjelaskan gambar wiring diagram kelistrikan dinamo pengisian aki mobil suzuki carry 1.5 dibawah.

Wiring diagram kelistrikan kabel alternator dibawah sangat sederhana, jadi akan mudah untuk dipahami.

Mulai dari kabel warna hitam, kabel warna hitam adalah kabel utama Alternator atau kabel B+ yang terhubung ke Aki secara langsung melewati fusible link berukuran 70 Ampere.
wiring diagram sistem pengisian suzuki carry 1.5
Kabel warna Hitam strip Putih adalah kabel untuk terminal F pada alternator, pada kabel terminal F terdapat tegangan DC +12volt saat kunci kontak On dan melalui sekring IG.

Sedangkan kabel warna putih strip hijau adalah kabel untuk indikator pengisian alternator atau indikator gambar aki dari panel spidometer.

Jika lampu indikator aki menyala saat mesin hidup adalah merupakan pertanda alternator tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan arus listrik untuk charge accu.

Fungsi Sekring IG pada suzuki carry 1.5 adalah untuk mensuplai alternator, ECM, Fuel Pump Relay dan Koil Pengapian.

Fungsi sekring Meter pada wiring diagram di atas adalah untuk suplai arus listrik ke panel spidometer.

Troubleshooting sirkuit sederhana ini cukup mudah yaitu jika lampu aki nyala terus tetapi mesin bisa dihidupkan berarti kerusakan ada pada jalur kabel atau soket menuju alternator, IC alternator atau karbon brush, yang jelas masalah ada pada Alternator, karena jika mesin bisa hidup artinya sekring IG tidak putus.

Bagi Anda yang tidak mau repot-repot bisa melepas alternator untuk dibawa ketempat service dinamo untuk perbaikan atau silakan lihat beberapa artikel saya Tentang Alternator atau lihat Cara Cek Alternator Mobil.

Semoga berguna.