Cara Mengukur Dioda Dengan Menggunakan Avo Digital

Otoqita.com - Cara mengukur dioda memakai avo digital serta cara mengetahui apakah dioda tersebut masih baik atau tidak, apakah dioda putus atau konslet atau bagaimana cara tahu dioda rusak atau tidak karena terdapat dua kemungkinan kerusakan pada dioda yaitu dioda short (konslet) dan dioda putus.

Kenapa saya menulis tentang elektronika dasar terutama dasar-dasar pengukuran? Karena dunia otomotif tidak bisa terlepas dengan elektronika.

Banyak komponen didalam mobil yang merupakan peralatan elektronika, seperti ECU, Modul Central Lock, Modul Alarm atau remote pintu, Modul Power Window, Sensor-sensor mesin, Ac amplifier, Modul EPS, Pengatur kecepatan kipas radiator dan masih banyak lagi.

Yang semuanya memerlukan dasar-dasar pengetahuan dan pengukuran komponen elektronika termasuk pengukuran dioda yang merupakan salah satu komponen elektronika.

Gambar dioda tiga ampere

Cara Mengukur Dioda Dengan Menggunakan Avo Digital
1. Pasang jarum avo digital warna merah dan hitam pada Avo digital, untuk jarum avo warna merah tempatkan pada lubang pengukuran yang terdapat simbol Omega, Volt dan Ampere. Sedangkan jarum hitam tempatkan pada common.

Gambar simbol dioda pada Avo digital

2. Ubah skala pengukuran ke gambar Dioda, karena umumnya avo digital dilengkapi alat untuk ukur dioda. Simbol Dioda pada avo digital ada yang menjadi satu dengan skala ukur Ohm 2K dan ada yang menjadi satu dengan fungsi buzzer. Silakan lihat Macam-macam Avo Digital.

3. Perhatikan pada fisik dioda, dioda secara umum memiliki gelang warna putih pada salah satu kakinya, kaki tersebut di namai Katoda. Silakan lihat Fungsi dioda.

4. Taruh jarum ukur Merah pada Anoda dan Hitam pada Katoda, kemudian lihat pada layar avo meter berapa nilai angka yang ditunjukan, catatan pengukuran dioda jika dioda diparalel dengan komponen lain seperti gulungan relay yang terbaca adalah nilai gulungan relay bukan nilai dioda.
Cara ukur dioda pertama dengan avo digital
Hasil pengukuran :
a. Jika menunjukan 3 digit angka diatas 300 sampai 700 berarti Dioda bagus

b. Jika menunjukan angka 000 berarti dioda konslet

c.  Jika menunjukan 1 digit angka dengan angka 1 didepan berarti dioda putus.

5. Kebalikan dari langkah nomor empat, balik jarum pengukur, letakan jarum ukur avo warna hitam pada anoda dan jarum merah pada katoda, kemudian baca hasil pengukuran, lihat gambar dibawah.

Cara ukur dioda kedua dengan avo digital

Hasil Pengukuran:
a. Jika menunjukan 1 digit angka 1 berarti ada dua kemungkinan yaitu  dioda dalam kondisi baik dan bisa dalam kondisi putus, untuk memastikan dioda masih bagus harus lihat langkah no 4a, harus dipastikan saat ukur pada point 4a terdapat angka antara 300 sampai 700

b. Jika menunjukan angka 000 berarti dioda konslet atau short

Semoga berguna cara mengukur dioda dengan avo digital diatas.