Ac Panas Mobil Ford Ranger

Otoqita.com - Mengatasi ac panas pada mobil Ford Ranger tahun 2009 dengan mesin berkapasitas 3.0 liter dan kerusakan pada ac mobil tersebut bukanlah disebabkan oleh komponen mekanikal pada ac mobil tetapi disebabkan oleh masalah sensor suhu mesin. Silakan lihat juga Penyebab ac panas pada mobil.

Langsung saja akibat sensor temperatur mesin tidak terbaca oleh ECU dengan DTC P0118 yaitu ECT sensor circuit high input. DTC P0118 tersebut menyebabkan lampu check engine nyala, selain itu juga menyebabkan jarum indikator temperatur pada panel speedo tidak bergerak dari cool.

Ketika saklar blower ac dinyalakan, blower ac berputar dan hembusaan angin keluar dari grill ac di dashboard, tetapi angin ac yang keluar tidak bisa dingin dan tombol ac yang berfungsi untuk menghidupkan kompresor ac tidak bekerja.

Panel ac mobil ford ranger

Masalah pada ac mobil panas pada Ford Ranger tersebut adalah disebakan oleh soket ECT tidak terhubung dengan baik, soket terpasang dengan baik tetapi skun kabel didalam soket tidak tersambung dengan baik dengan kata lain soket ECT longgar.

Gambar soket ECT ford ranger
ECT adalah singkatan dari Engine Coolant Temperatur atau Sensor suhu mesin
Kesimpulan dari dampak sensor temperatur mesin tidak terbaca oleh ECU pada Ford Ranger Bt-50 adalah:
1. Jarum Indikator Temperatur Mesin Tidak Naik
2. Lampu Indikator check engine menyala terus saat mesin hidup
3. Ac mobil menjadi panas atau tidak dingin, ac mobil hanya keluar angin saja karena kompresor ac tidak berputar ketika tombol ac dihidupkan atau ditekan. Semoga bermanfaat.