Mesin Mati Mendadak Mobil Vios Limo Tahun 2005

Otoqita.com - Memperbaiki masalah mesin mati mendadak pada mobil injeksi toyota vios limo tahun 2005 dan mesin tidak bisa hidup dan saat mesin mati mendadak ini disertai dengan lampu indikator check engine menyala.

Vios limo tahun 2005 menggunakan mesin 1nz-fe, dimana mesin 1nz-fe ini juga digunakan pada toyota yaris, new vios limo, atau pun toyota ist.

Dari informasi yang saya dapatkan saat mesin tidak bisa hidup setelah mati mendadak, terminal aki mobil sempat dilepas untuk mereset ecu.

Jika hal tersebut dilakukan artinya alat scan tidak bisa membaca data trouble code yang terdeteksi dan tersimpan pada memory ecu pada saat mesin mati mendadak dan lampu check engine nyala tersebut, atau pun cek kode trobel melalui kedipan lampu check engine tidak bisa dilakukan, karena kode trouble sudah terhapus lebih dahulu saat melepas terminal aki.

Seperti penanganan pada umumnya pada kendararaan jika terjadi mesin mendadak atau mesin mati secara tiba-tiba saat mobil dikendarai, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperiksa diantaranya adalah:

1. Apakah pompa bensin bekerja atau apakah cukup tersedia premium didalam tangki?
2. Periksa apakah api dibusi keluar atau tidak dari koil, dengan cara test api busi.
3. Periksa kompresi mesin apakah sesuai standar.
4. Periksa apakah air radiator sudah menggenangi ruang bakar sebagai tanda bocor kompresi.

Pada masalah mesin mati mendadak vios limo tahun 2005 ini adalah tidak ada api dibusi ketika dilakukan test api busi pada keempat busi, dan kemungkinan besar yang menjadi penyebabnya adalah ckp sensor atau sensor crankshaft atau sirkuit ckp sensor.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah menggunakan alat scan untuk melihat apakah masih tersimpan dtc yang menyebabkan mesin mati mendadak tersebut dan dtc tidak ada, ini karena terminal aki memang sudah sempat dilepas.

Ketika melihat datastream yang terbaca saat mesin distarter panjang dengan melepas semua soket injektor, terlihat jelas engine speed tetap terbaca Nol rpm (lihat gambar diatas), artinya tidak ada sinyal dari putaran mesin yang berasal dari sensor crankshaft atau sensor ckp.

Kesimpulan sementara adalah sensor ckp rusak dan saat melakukan pemeriksaan ckp sensor, tidak jauh dari ckp sensor terlihat kabel ckp sensor terkelupas akibat bergesekan dengan puli kompresor ac, dan ini adalah penyebab utamanya kenapa mesin mati mendadak tersebut. Yaitu kabel ckp sensor short akibat terkelupas dan saling bersentuhan satu sama lain.

Gambar kondisi kabel sensor ckp mesin 1nz-fe terkelupas akibat gesekan dengan puli kompresor ac

Setelah melakukan perbaikan terhadap kerusakan kabel sensor ckp tersebut buatkan pegangan kabel ke body mesin agar tidak bergeser, coba saya lihat lagi data stream pada engine speed saat mesin distarter panjang, alat scan menunjukan nilai rpm sekitar 300 rpm artinya perputaran kruk as sudah bisa dibaca oleh ecu sebagai sinyal pengapian. Dan ketika soket injektor dipasang semua setelah dilepas pada langkah pemeriksaan diatas, cukup sekali starter mesin langsung hidup.Semoga berguna.