Memperbaiki Masalah Nissan Serena Boros Bensin

Otoqita.com - Tips mengatasi atau memperbaiki masalah mobil nissan serena boros bensin atau pemakaian bbm yang tidak wajar. Biasanya mobil dianggap boros oleh yang punya kendaraan adalah karena membandingkan dengan kendaraan lain atau merasa biasanya kalau beli bensin sekian rupiah kok cepat habis. Ya itu wajar karena pemilik kendaraan yang tentu saja lebih mengetahui, karena memang pemilik yang menggunakan atau memakai kendaraan tiap hari.

Ketika saya diminta untuk memeriksa lebih detail bagaimana supaya nissan serena ini tidak boros? Saya tes jalan terlebih dahulu seperti keluhan yang dimaksudkan yaitu rpm mesin sudah tinggi tetapi kendaraan jalan masih pelan. Yang menurut saya itu adalah inti masalahnya rpm mesin sudah tinggi tetapi jalan kendaraan masih pelan. Artinya, rpm mesin tinggi adalah konsumsi bbm lebih banyak sedangkan jarak tempuh kendaraan pendek.


Saat melakukan tune up mesin, ketika melihat kondisi busi terlihat kondisi busi yang tidak normal atau busi terlihat berwarna keputihan, yang oleh sebagian kita kondisi tersebut menyatakan bahwa mesin terlalu irit dan memang seperti itu keadaannya, busi terlihat keputihan sebagai tanda mobil irit. Tetapi yang terjadi pada nissan serena justru sebaliknya busi terlihat putih tanda mesin irit tetapi pemilik kendaraan mengeluh boros.

Hal ini kembali mengacu pada masalah diatas yaitu rpm mesin tinggi tetapi jalan mobil masih pelan terutama saat kendaraan start awal sampai beberapa meter atau saat akselerasi. Karena mesin terlalu irit, busi terlihat keputihan menyebabkan tenaga mesin kurang untuk membawa body kendaraan maka secara naluri kita akan menginjak pedal gas lebih dalam lagi agar mobil bisa melaju dengan cepat dan efeknya malah pemakaian bbm yang lebih banyak.

Dari suara mesin saat hidup tidak ada terdengar suara mesin yang aneh-aneh seperti gejala mrebet tidak ada, suara mesin halus. Dan ketika melakukan pemeriksaan kondisi fisik injektor terlihat banyak karbon yang menempel di sekitar injektor dan hal ini tentu saja menjadi faktor penyebab pengabutan bensin pada injektor kurang maksimal akibat terhalang oleh kerak pada lubang injektor.
Injektor pun saya bersihkan secara manual, untuk bagaimana cara membersihkan injektor tidak perlu ditulis lagi disini karena saya sudah menulisnya silakan lihat Cara bersihkan injektor mobil injeksi.

Setelah injektor dipasang dan melakukan tes jalan, nissan serena ini terasa lebih responsif saat mesin akselerasi, tidak perlu lagi rpm tinggi mobil bisa jalan seperti kebanyakan mobil matic yang lain. Mobil matic yang bagus biasanya tidak perlu injak pedal gas, saat di lepas pedal rem atau hand rem kendaraan langsung bisa bergerak, tentu saja saat persneleng matic sudah dimasukan.

Kesimpulan:
1. Mobil matic terlalu irit justru menyebabkan boros bbm atau konsumsi bbm lebih banyak.
2. Busi terlihat keputihan pada elektroda merupakan tanda konsumsi bahan bakar terlalu kurus
3. Konsumsi bahan bakar minyak terlalu irit menyebabkan mesin kurang tenaga dan cenderung rpm mesin tinggi ketika mobil jalan karena beban body kendaraan.
4. Cara memperbaiki mobil nissan serena boros bensin bisa dengan melakukan tune up engine. Semoga berguna.