Ac Mobil Kijang Innova Tiba-Tiba Panas dan Hanya Keluar Angin

Otoqita.com - Artikel ac mobil toyota kijang innova e dengan kilometer tempuh sekitar 250 ribu yang mendadak ac panas ini menjadi catatan kerja saya tersendiri karena kasus seperti ini belum pernah saya tangani.

Keluhan masalah ac mobil innova ini adalah ac mobil kadang-kadang dingin dan kadang-kadang panas, kalau sudah panas tidak bisa dingin lagi. Untuk mengetahui maksud dari keluhan ac mobil tersebut, saya coba hidupkan mesin mobil dan nyalakan ac. Dari grill ac di dashboard angin yang keluar normal pada tiap tingkatan putaran blower dan hawa dingin langsung keluar dari grill ac, sampai menunggu on-off kompresor ac, on off kompresor ac terlihat normal tidak ada masalah. Ini artinya kerja sistem ac mobil dalam kondisi baik-baik saja.

Mesin saya biarkan dalam kondisi hidup dengan ac mobil tetap dinyalakan untuk beberapa menit hampir 20 menit, sambil saya tinggalkan untuk memeriksa pekerjaan yang lain. Beberapa menit kemudian saya kembali ke mobil innova yang dalam kondisi mesin hidup dan ac mobil yang saya nyalakan sewaktu saya tinggalkan tadi.

Saat masuk kabin dan merasakan udara yang tidak dingin atau hawa yang panas keluar dari grill ac di dashboard, ini mungkin yang dimaksudkan. Ac mobil kadang dingin tetapi setelah mesin panas atau setelah mobil jalan beberapa kilometer sudah hilang hawa dinginnya.

Cara memperbaiki ac mobil dengan masalah seperti ini biasanya terjadi kerusakan pada magnetic clutch kompresor atau secara umum magnetic clutch kompresor ac tidak bekerja dengan normal, yang besar kemungkinan disebabkan spull terbakar, sekring putus atau pun relay kompresor ac tidak bekerja.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap tahanan spull magnetic clutch saat kompresor tidak bekerja, nilai tahan magnetic clutch terbaca normal dengan avo meter. Tetapi ketika melakukan pemeriksaan tegangan yang masuk ke magnetic clutch, tegangan yang terukur adalah nol volt. Artinya arus listrik yang menuju ke spull magnetic clutch tidak ada sehingga menyebabkan kompresor ac tidak bekerja.

gambar soket magnetic clutch dibawah pompa power steering

Kemudian saya matikan mesin dan biarkan mesin dingin sambil ditinggal istirahat karena memang sudah waktunya jam istirahat. Setelah selesai istirahat tentu saja mesin kijang innova ini sudah dingin, dan ketika saya nyalakan mesin dan hidupkan ac, ac mobil bekerja dengan normal kembali.

Karena penasaran dengan apa yang terjadi, kompresor ac mati saat mesin panas, saya nyalakan mesin sambil hidupkan ac sampai temperatur kerja mesin, saat temperatur kerja mesin tercapai atau mesin sudah panas, ac mobil masih terlihat normal, kompresor ac masih bisa on/off mengikuti temperatur di evaporator.

gambar spido meter innova

Saya coba gas mesin, rpm saya tahan di 2000 rpm agar ketemu lagi dengan masalah kompresor mati tersebut. begitu mesin saya naikan rpm diatas 3000 rpm terlihat jarum indikator temperatur mesin langsung naik diatas setengah dan hampir mendekati garis merah, pelan-pelan saya rasakan udara hembusan angin ac dari dashboard tidak dingin lagi dan tidak terdengar suara kompresor ac on/off.

Kesimpulan pun bisa diambil penyebab ac panas pada toyota kijang innova ini adalah akibat mesin overheat, saat mesin overheat ecu menghentikan suplai arus listrik ke spull magnetic clutch, sehingga kompresor ac tidak bekerja dan ac panas.

Nah sekarang saatnya mengetahui apa penyebab mesin overheat pada kijang innova ini, kalau kipas radiator rusak tidak mungkin, karena kipas radiator berputar dengan baik.

gambar tutup radiator kijang innova rusak dan air radiator habis

Setelah menunggu mesin dingin dan tutup radiator dibuka, terlihat jelas air radiator habis, yang berarti terjadi kebocoran pada sistem pendingin mesin. Apa penyebabnya? Tutup radiator rusak ternyata menjadi akar permasalahan sebenarnya, tutup radiator rusak ini mengakibatkan air terbuang lebih cepat ke reservoir tank dan air radiator habis. Karena saat tambah air radiator, hampir 1,5 liter air radiator yang bisa masuk ke radiator.

Setelah tambah air radiator dan ganti tutup radiator, saat mesin dihidupkan dan ac mobil dinyalakan, hingga temperatur kerja mesin dan rpm mesin ditahan pada 2000 hingga 3000 rpm untuk beberapa saat lamanya, indikator temperatur mesin tidak terlihat lebih dari setengah dan kompresor ac bekerja on/off dengan baik.

Kesimpulan akhir:
1. Penyebab AC mobil kijang innova kadan panas dan kadang dingin ini disebabkan oleh mesin overheat karena air radiator kurang sebagai akibat kerusakan tutup radiator.

2. Saat mesin overheat, ecu /ac amplifier memutuskan kerja relay kompresor ac sehingga kompresor ac tidak bekerja, semoga berguna.