Toyota Yaris Speedometer Tidak Berfungsi atau Tidak Jalan

Otoqita.com - Mengatasi atau memperbaiki speedometer mobil toyota yaris tahun 2007 tidak bergerak saat mobil jalan atau speedometer tidak jalan.

Pada masalah jarum speedometer yaris 2007 mati ini disertai lampu indikator check engine menyala, saat di scan yang terekam oleh ECU adalah DTC P 0500 atau VSS(vehicle speed sensor) atau sensor kecepatan kendaraan.

Secara fisik Toyota Yaris 2007 tidak menggunakan sensor spidometer yang pada kebanyakan mobil terletak pada transmisi. Tetapi memanfaatkan sensor kecepatan roda pada sistem ABS untuk menggerakan jarum speedometer.

Dengan kata lain sensor kecepatan kendaraan diambil dari sensor kecepatan roda pada ABS. Ketika dilihat pada sistem ABS, terdapat banyak data trouble code yang tersimpan diantara nya bisa lihat pada gambar dibawah.

Dtc abs toyota yaris

Dari DTC ABS di atas bisa kita lihat bahwa semua sensor roda tidak memberikan sinyal kecepatan yang menyebabkan jarum spidometer tidak jalan dan menyebabkan DTC P0500 atau Vehicle Speed Sensor.

dtc p0500 toyota yaris

Saat saya coba test jalan setelah dtc P0500 atau VSS penyebab lampu check engine menyala ini sudah di hapus dan lampu check engine sudah tidak nyala lagi, ternyata jarum speedometer masih tidak jalan.

Tetapi saat kendaraan dalam posisi jalan dan saya coba hapus dtc ABS toyota Yaris ini, jarum speedometer langsung bergerak naik mengikuti kecepatan kendaraan.

speedometer toyota yaris


Dari kasus ini bisa saya ambil analisa bahwa kendaraan ini pernah terbuka sekring ABS atau soket ABS saat mesin dalam kondisi hidup atau soket abs longgar.

Kesimpulan: Penyebab jarum speedometer tidak jalan pada Toyota Yaris 2007 pada kasus ini adalah Sistem Rem ABS tidak berfungsi dan dtc abs yang belum dihapus, saat semua sensor roda tidak bekerja, menyebabkan DTC P0500 vehicle speed sensor yang menyebabkan lampu check engine nyala.

Semoga berguna.