Penyebab Kompresor Ac Mati

Otoqita.com - Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kompresor ac mati atau kompresor ac tidak hidup atau kompresor ac tidak berputar, sehingga dampaknya adalah ac panas atau tidak dingin.
Gambar bagian bagian kompresor ac assy merek denso
Gambar bagaian-bagian kompresor ac  assy denso

Kalau membahas masalah penyebab kompressor ac mati akan terlalu luas jangkauannya, karena setiap kendaraan memiliki sistem kontrol ac mobil yang berbeda-beda, tetapi pada prinsipnya hampir mirip.

Berikut adalah beberapa penyebab kompressor ac mati atau tidak berputar :

1. Tidak ada freon dalam sistem ac atau freon terlalu sedikit.
Hal ini dikarenakan biasanya sistem ac dirancang menggunakan sensor tekanan pada pipa tekanan tinggi untuk mendeteksi adanya freon di dalam sistem. Pada tekanan tertentu switch dalam sensor tekanan terhubung dan dengan rangkaian kelistrikan memberikan suplai tegangan listrik ke kompressor ac sehingga kompresor berputar.

2. Rpm mesin mobil terlalu rendah.
Rpm terlalu rendah akan dideteksi oleh ac amplifier atau ECU untuk mematikan kompressor ac.

3. Terdapat masalah pada mesin mobil.
Sebagai contoh saya sudah menulis artikel tentang Avanza akibat ocv bermasalah kompresor ac tidak mau hidup pada saat idle, silakan lihat DISINI.

Atau contoh lain karena timing mesin lompat, tenaga mesin kurang, kompressor ac tidak mau hidup, contoh ini pernah saya tangani terjadi pada Honda CRV tahun 2004.

4. Magnetic clutch rusak atau terbakar.
Jika magnetic clutch rusak, baik itu putus gulungan atau gulungan terbakar, atau center piece patah bisa menyebabkan kompressor ac tidak bisa berputar saat ac mobil dinyalakan.

5. Masalah pada sistem kelistrikan Ac.
Beberapa masalah pada sistem kelistrikan ac sering kali saya temui, mulai dari sekring ac putus, relay magnetic clutch kompresor rusak yang menyebabkan setrum ke magnetic clutch kompressor ac tidak ada.

Semoga berguna.