Penyebab Knalpot Avanza VVT-i Tahun 2011 Nyala Merah Membara

Otoqita.com - Artikel ini membahas knalpot mobil yang nyala merah membara pada Avanza vvt-i tahun 2011, sebenarnya saya sering mendengar dari teman-temen saya masalah knalpot mobil yang membara pada beberapa tipe kendaraan, tetapi belum pernah melihat sendiri dan menganalisa apa penyebab knalpot tersebut nyala merah membara saat mesin digas.
foto knalpot avanza merah membara
Gambar atau foto knalpot mobil avanza vvt-i 2011 Nyala Merah Membara
Diantaranya beberapa kendaraan yang sudah pernah saya dengar dengan masalah knalpot merah membara ini adalah Opel Blazer, Daihatsu Terios, Avanza 2004 Non vvt-i dan terakhir yang saya tangani sendiri adalah pada Avanza vvt-i tahun 2011.

Keluhan dari yang punya kendaraan adalah mesin mrebet dan rpm langsung drop dibawah 500 rpm setelah mesin digeber diatas 4000 rpm, saat rpm mesin ngedrop dibawah 500 rpm, mesin sudah tidak bisa digas lagi dan mati. Untuk menghidupkan kembali mesin kalau sudah seperti ini sangat sulit, bahkan sampai mesin distarter beberapa kali mesin tidak bisa hidup-hidup.

Saat menunggu mesin agar dingin atau menunggu beberapa lama, coba distarter mesin, mesin hidup normal kembali dan kemudian dipakai jalan dengan kecepatan wajar, tidak terlihat gejala mesin mrebet atau mati.

Kembali saat mobil posisi diam dan mesin digas diatas 4000 rpm mesin langsung mbrebet dan mesin mati dan sulit hidup kembali.

Ketika dilakukan pengecekan atau pemeriksaan dengan scan tool, data trouble code yang keluar adalah Dtc P0350 yang artinya IGNITION COIL 'A' Primary/secondary Circuit.
dtc p0350 avanza
DTC P0350 atau Kode Kedip Check Engine 16
Analisa kerusakan dari DTC P0350 / 16 atau kalau dilihat dengan metode kedipan lampu check engine memiliki kode 16 (satu enam). Untuk melihat kode kedip lampu check engine pada Avanza dengan cara manual silakan lihat DISINI.

Analisa untuk penanganan atau cara mengatasi dtc P0350 - Ignition coil 'A' Primary/secondary circuit adalah:
1. Periksa sirkuit terbuka antara keempat koil pengapian dengan ECU
2. Periksa baik kabel konslet atau soket terlepas antara keempat koil ke ECU
3. Koil Pengapian rusak
4. Ecu Rusak.

Rangkaian atau skema sistem pengapian atau jalur kabel koil untuk avanza vvt-i silakan lihat DISINI.

Apakah Ecu Mobil Avanza Rusak? Apakah Koil Pengapian Rusak?

Analisa sementara waktu setelah melakukan pemeriksaan tegangan yang terdapat pada soket koil terlihat normal, pada ketiga kabel masing-masing koil terdapat tegangan lengkap yaitu 12 volt, Ground dan 5 volt dari Ecu ada semua jadi tidak mungkin terdapat sambungan kabel terbuka atau konslet.

Saat melakukan test loncatan bunga api dibusi seperti gambar dibawah ini setelah mesin mati sehabis mesin di gas diatas 4000 rpm, terlihat tidak keluar loncatan bunga api dari busi saat mesin distarter.
cara cek api busi avanza
Gambar cara cek lompatan bunga api di busi avanza
Tetapi apakah benar ECU rusak? Kembali hal itu jadi pertanyaan saya, setelah cek api dibusi tidak ada sedangkan tegangan yang ada di kabel koil ada semua dikuatkan dengan DTC P0350 tadi. Sambil berpikir beberapa lama, saya coba hidupkan kembali mesin dan mesin bisa hidup dengan normal, sambil mesin digas-gas sampai diatas 4000 rpm, untuk saya cek lagi apakah masih masalah tersebut?

Dan ketika sudah sampai pada temperatur kerja mesin atau kipas radiator sudah hidup, saya coba gas diatas 4000 rpm beberapa kali terlihat ada cahaya merah dari sebelah kiri mesin yang ternyata knalpot nyala merah membara. Knalpot merah membara terlihat dengan jelas karena hari memang sudah gelap.

Saat knalpot merah membara ini terlihat lampu check engine menyala dan terekam oleh alat scan terdapat masalah pada heater oxygen sensor, apakah masalah pada heater oxygen sensor ini karena temperatur yang terlampau tinggi pada exhaus manifold ataukah karena memang heater pada oxygen sensor sudah rusak.

Karena hari sudah malam pekerjaan dilanjutkan besok lagi dengan mengganti oxygen sensor dan setelah oxygen sensor diganti, masalah yang sama pun masih muncul, knalpot masih nyala merah membara saat mesin di gas diatas 3000 rpm untuk beberapa kali.

Analisa berikutnya adalah karena catalytic converter di exhaus manifold knalpot tersumbat. Ketika diperiksa catalytic converter di knalpot, catalytic converter masih terlihat dalam kondisi baik, karena memang umur mobil masih tergolong baru dan kilometer tempuh juga tidak terlalu tinggi, belum 100000 km.

Kembali berfikir yang jadi pertanyaan utama adalah api busi tidak keluar jika mesin habis di putar diatas rpm 4000. Apakah terjadi kerusakan pada sensor-sensor yang berhubungan dengan sinyal pengapian atau kah ada kabel sensor yang kadang putus atau kadang short?

Setelah tiba pada pemeriksaan ckp sensor yang bertugas memberikan sinyal pengapian ke ECU, secara sepintas terlihat baik, soket kabel ckp sensor terlihat tertancap dengan rapi, tetapi ketika saya coba tekan masuk lebih dalam terdengar suara klek dari soket ckp sensor tersebut yang artinya belum masuk dengan benar dan artinya soket ckp sensor masih longgar atau tidak terhubung dengan benar. Letak ckp sensor pada mobil avanza silakan lihat DISINI.

Setelah soket CKP sensor terpasang dengan baik, coba hidupkan mesin dan akhirnya problem solved, masalah mesin mrebet dan mati setelah digas 4000 rpm ini pun teratasi. Yang tentu saja dengan analisa yang lumayan lama karena DTC masalah CKP sensor tidak muncul saat di scan menggunakan alat scan.

Semoga berguna.