Komponen Radiator dan Cara Kerja Radiator Mobil

Otoqita.com - Kita kembali ke pengetahuan dasar dulu yaitu mengetahui apa saja komponen radiator mobil atau bagian-bagian pada radiator mobil serta sistem kerja radiator mobil dan fungsi radiator.

Fungsi Radiator atau Kegunaan Radiator.

Radiator adalah salah satu komponen pada sistem pendingin mesin mobil yang berfungsi untuk membuang panas mesin melalui media cair yang bersirkulasi di dalam mesin untuk mempertahankan temperatur kerja mesin. Media cair tersebut bisa berupa air atau pun radiator coolant yang bisa kita beli di toko otomotif.
Gambar sirkulasi air radiator pada mesin 1nz-fe

Cara Kerja Radiator Mobil

Cara kerja radiator mobil atau prinsip kerja radiator mobil adalah dengan membuang panas air pendingin dari mesin yang disirkulasikan oleh pompa air(lihat water pump gambar diatas) yang berputar bersama putaran mesin, pembuangan panas ini dilakukan oleh adanya hembusan angin yang berasal dari kipas radiator, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Gambar cara kerja radiator

Air panas yang berasal dari mesin masuk kebagian atas radiator, kemudian kipas radiator berputar untuk membuang panas air tersebut dengan hembusan angin yang melewati sirip-sirip pada radiator.

Saat thermostat mesin terbuka pada temperatur kerja mesin, air yang sudah didinginkan oleh radiator dengan bantuan kipas radiator tersebut masuk kembali kemesin karena dihisap oleh water pump atau pompa air.

Komponen Radiator Mobil

Berikut adalah bagian-bagian pada radiator mobil atau komponen radiator:
1. Upper Tank
2. Lower Tank
3. Saluran air dan sirip-sirip radiator
4. Saluran buang air radiator
Gambar komponen atau bagian bagian radiator

Pada mobil-mobil matic, pada radiator juga terdapat saluran untuk mendinginkan oli transmisi matic  atau oil cooler, baik itu yang ditempatkan dibagian bawah radiator atau pun di bagian samping radiator.

Semoga berguna.