Fungsi Reset Ecu dan Kenapa ECU Perlu di Reset?

Otoqita.com - Sebenarnya apa sih fungsi reset ECU? Dan mengapa ecu mobil perlu direset?

ECU/ECM bisa ditemukan pada mobil EFI atau mobil injeksi baik bensin atau diesel untuk diesel pada diesel common rail. Fungsi ecu mesin adalah untuk menerima sinyal dari sensor-sensor mesin dan kemudian sinyal dari sensor mesin diolah agar aktuator bekerja sesuai spek yang sudah ditetapkan oleh pabrikan mobil.

Kenapa dibilang Ecu mesin? karena di dalam mobil tertentu tidak hanya terdapat satu buah ecu untuk kontrol engine, tetapi ada ecu lain untuk fungsi kerja yang lain.

Kenapa Ecu perlu di reset?

Jika terdapat kesalahan dari input yang diberikan sensor atau sensor mesin mengalami kerusakan, data kerusakan sensor atau input sensor yang salah, atau kerusakan aktuator yang menjalankan perintah ecu ini akan disimpan oleh ecu berupa data trouble code yang bisa dibaca melalui kedipan check engine atau alat scan, baik alat scan generik atau alat scan yang berisi software mobil.

Gambar ecu mobil subaru forester 2004
Kode trouble mobil efi bisa berupa temporary kode atau permanen, maksud kode temporary adalah ecu mendeteksi adanya malfungsi tetapi tidak menyalakan lampun check engine, itu adalah gambaran mudah yang bisa dilihat secara fisik melalui alat scan dan lampu check engine.

Sedangkan permanen kode artinya kode trouble sudah masuk ke memory ECU dan ecu menyalakan lampu check engine sebagai tanda telah terjadi kegagalan fungsi sensor efi atau aktuator, contoh seperti ini bisa ditemukan pada mobil honda CRV atau Subaru forester.

Tetapi pada umumnya saya tidak jarang menemukan jika terjadi kegagalan kerja fungsi sensor efi, maka lampu check engine langsung menyala.

Fungsi Reset Ecu Mobil

Kesimpulan dari Fungsi reset ecu mobil adalah untuk menghapus data kode trouble yang tersimpan pada memory ecu dan atau melakukan kalibrasi sesuai spesifikasi dari pabrikan mobil.

Karena jika trouble kode tidak dihapus dan atau ecu tidak direset akan menimbulkan masalah lain seperti contoh menyebabkan masalah pada speedo meter Yaris, artikel sudah saya tulis silakan lihat lampu check engine yaris menyala karena sensor roda. Atau contoh lain saat trouble code sudah dihapus tetapi ecu tidak direset pada mobil nissan x-trail/serena akan menyebabkan rpm mesin naik turun, lihat problem RPM mobil nissan naik turun.

Contoh lainnya lagi pada Honda NEW CRV, ecu harus direset agar rpm tidak naik turun meskipun tidak ada trouble code atau tidak terdapat kode trobel tersimpan dalam memory ecu, silakan kunjungi rpm naik turun mobil honda new crv.

Itulah beberapa contoh alasan kenapa Ecu mobil perlu direset meski hanya untuk menghapus kode trobel dan mematikan indikator check engine atau untuk kalibrasi atau penyesuaian sesuai standar pabrik.

Semoga berguna.