Fungsi, Letak dan Cara Kerja Thermistor Ac Mobil

Otoqita.com - Fungsi thermistor pada Ac mobil adalah merupakan salah satu komponen ac mobil yang berfungsi untuk meraba suhu pada evaporator, yang boleh dikatakan sebagai sensor suhu evaporator ac mobil.

Letak thermistor ac mobil atau posisinya menempel pada evaporator, posisi evaporator pada kebanyakan mobil ada di dalam dashboard depan yang ada thermistornya. Jika sistem ac mobil tidak ada thermistor dampaknya adalah kompresor ac akan hidup terus menerus yang bisa menyebabkan ac beku dan evaporator menjadi es karena kompresor ac akan berputar terus menerus.
Gambar evaporator dan thermistor ac mobil
Gambar thermistor ac mobil dan evaporator

Apa itu thermistor?

Thermistor adalah thermal resistor yaitu sebuah resistor yang nilai tahanan atau resistant nya berubah berdasarkan temperatur atau suhu.

Cara kerja thermistor ac mobil

Sistem kerja thermistor ac mobil adalah dengan cara membaca berapa derajat suhu yang ada di evaporator yang kemudian diubah menjadi nilai tahanan pada thermistor.

Atau dengan kata lain suhu yang ada pada evaporator akan memengaruhi nilai tahanan pada ujung-ujung thermistor yang secara otomatis akan merubah nilai tegangan pada kedua ujung thermistor.

Perubahan nilai tegangan pada ujung thermistor yang dideteksi oleh ac amplifier atau ECU selanjutnya digunakan untuk memutuskan arus listrik menuju magnetic clutch ac pada kompresor, sehingga kompresor bisa hidup mati berdasarkan temperatur di evaporator.

Misalnya saat suhu di evaporator mencapai 5 derajad celsius, themistor akan memutus arus listrik ke magnetic clutch, saat kompresor tidak berputar bersama mesin, hembusan angin blower pada evaporator akan menaikan suhu di evaporator dan thermistor kembali mensuplai arus listrik ke magnetic lutch agar kompresor berputar kembali. Lihat Magnetic clutch kompresor ac.

Tetapi tentu saja tidak secara langsung thermistor mensuplai arus listrik ke magnetic clutch kompresor ac tetapi bisa melalui ecu atau ac amplifier untuk mengendalikan relay magnetic clutch.

Kerakteristik Kerja Thermistor Ac Mobil

Perubahan suhu yang ada di evaporator akan mempengarui nilai tahanan thermistor seperti contoh grafik thermistor ac mobil toyota berikut ini.
Gambar karakteristik kerja thermistor ac mobil
Gambar grafik spesifikasi thermistor ac mobil
Seperti terlihat pada grafik temperatur pada thermistor ac mobil diatas, perubahan temperatur mempengaruhi nilai tahanan thermistor.

Pada suhu 0 derajat celsius nilai tahanan thermistor berada diantara 4,4 kiloohm sampai 5,35 kiloohm.
Pada suhu 5 derajat celsius nilai tahanan thermistor berada diantara 3,4 kiloohm sampai 4,15 kiloohm dan seterusnya yang bisa kita lihat pada tabel spesifikasi diatas.

Semakin turun temperatur nilai tahanan semakin tinggi dan artinya nilai tegangan pun ikut naik saat thermistor di aliri oleh arus listrik dengan besar arus tertentu.
Gambar thermistor dengan resistor
Gambar perbedaan antara thermistor dengan resistor biasa

Maksud hubungan tester pada gambar tabel spesifikasi thermistor diatas adalah saat kita melakukan pengukuran nilai tahanan thermistor menggunakan ohm meter pada avometer, bisa avometer jarum atau avo digital.

Semoga berguna.