Motor Honda Vario Injeksi 125 Mesin Mati Mendadak Saat Jalan

www.otoqita.com - Mengatasi atau memperbaiki motor honda vario injeksi (Vario FI 125 cc) mati sendiri saat jalan dan mengetahui apa penyebab mesin mati secara tiba-tiba tersebut..

Beberapa sahabat menanyakan kepada saya kenapa motor vario injeksi miliknya suka mati sendiri saat jalan kemudian distarter motor tidak kunjung hidup dan terkadang dengan menggunakan starter kaki mesin bisa hidup kembali dan ini seperti yang pernah saya alami dengan penyebab yang sama.

Sebelum memberi tahukan penyebab serta solusi mengatasinya selalu saya tanyakan, apakah motor tersebut sering dicuci ditempat cuci motor yang menggunakan pompa air atau disemprot dengan air yang keras?

Dan rata-rata jawabannya Ya, memang motornya sering dicuci ditempat pencucian motor. Tentu saja hal ini sama dengan yang pernah saya alami beberapa bulan yang lalu.

Penyebab Mesin Honda Vario  Mati Saat Jalan
Dari uraian diatas jelas penyebab motor honda vario fi 125 cc mati adalah terdapat bagian karena terkena air dalam jangka waktu yang lama air merusak bagian tersebut yaitu pada tutup busi.

Pada tutup busi sepeda motor biasanya terdapat bagian kawat untuk memegang busi saat ditancapkan ke busi, kawat tersebut karena berkarat kemudian putus dan membuat sambungan ujung busi dengan tutup busi longgar sehingga menyebabkan api di busi terkadang tidak ada, dan efeknya mesin mati, sebelum mesin mati biasanya terasa nyendat-nyendat terlebih dahulu.
Tutup busi pada motor honda vario injeksi 125 cc cbs techno

Untuk memastikan kalau kerusakan terjadi pada tutup busi adalah dengan menarik tutup busi keluar pelan-pelan, jika saat ditarik tutup busi tidak terasa ada yang menahan atau tidak terdengar bunyi krek-krek berarti memang kawat didalam tutup busi berkarat dan patah.

Cara Mengatasi atau Cara Memperbaiki
Ada beberapa solusi atau cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi motor vario injeksi 125 cc baik CBS atau Vario Techno yang mesinnya mati mendadak saat jalan yaitu;
1. Mengganti tutup busi
2. Membuatkan kawat sendiri dari bahan lentur seperti terlihat pada gambar dibawah
Membuat sendiri kancingan pada tutup busi

3. Untuk tindakan darurat agar motor bisa hidup coba digoyang-goyang tutup busi agar ujung busi bersentuhan dengan logam ditengah tutup busi atau memasukan beberapa serat kabel ke lubang di tutup busi agar ujung busi terhubung dengan baik ke ujung busi.

Semoga bermanfaat.