Tips dan Cara Memperbaiki Remote Pintu Mobil Tidak Berfungsi

Otoqita.com - Remote pintu mobil bermasalah dan tidak berfungsi atau tidak bisa membuka pintu dengan remote, jika itu permasalahannya pastikan terlebih dahulu memang permasalahannya terdapat pada remote nya, bukan pada modul remote atau bukan sistem central locknya, dengan cara menggunakan remote cadangan.

Kalau membahas remote mobil akan terlalu luas, mengingat berbagai teknologi yang digunakan pada sistem remote tersebut, karena itu artikel ini saya batasi pada cara mengatasi atau memperbaiki remote mobil pada umumnya yang sering bermasalah.

Remote Pintu Mobil Universal

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

1. Battray Remote Habis atau Mau Habis
Saya punya cerita tersendiri karena remote yang kehabisan battray, sehingga mobil tersebut selama tiga hari tidak dipasang aki, karena begitu dipasang aki sirine langsung bunyi dan lampu hazard kedip-kedip terus.

Masalah sebenarnya karena battray habis dan sudah dibelikan battray baru tetapi remote juga tetap tidak berfungsi, tetapi setelah saya datang, sambil diperhatikan nyala led saat tombol remote ditekan ternyata led masih terlihat nyala kurang terang, setelah dipinjamkan battray dari remote mobil lain yang bagus, remote mobil tersebut berfungsi normal.

Bisa diambil pelajaran kalau battray baru tidak menjamin muatan listrik atau setrum di battray tersebut penuh atau baterai dalam kondisi baik.

Cara mengetahui kerusakan remote mobil karena baterai habis:
  • Saat ditekan tombol pada remote biasanya lampu led pada remote tersebut nyala redup.
  • Lampu Led pada remote tidak nyala saat ditekan semua tombol.
  • Jika sudah dibelikan battray baru nyala led terlihat kurang terang,karena itu samakan nyala led remote tersebut dengan remote yang lain.
2. Tombol Remote Tidak Berfungsi atau Rusak
Tombol remote tidak berfungsi biasanya terjadi pada tombol yang sering digunakan yaitu tombol buka pintu (gambar gembok terbuka) dan tombol kunci pintu (gambar gembok tertutup).
Tombol remote mobil rusak

Untuk memastikan memang tombolnya yang rusak biasanya jika ditekan tombol lain yang jarang dipakai, misalnya tombol car finder atau tombol sirine pada remote, maka lampu led terlihat nyala.

Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti tombol yang rusak pada remote tersebut dengan tombol yang jarang digunakan, ini akan lebih efisien dari pada mengganti modul remote yang baru. Mengganti modul remote pun tidak ada salahnya, harga modul remote dan ongkos pasang juga tidak terlalu mahal.

Harga remote mobil universal biasanya tergantung merek, ada yang Rp.300 ribu sampai Rp.400 ribu plus ongkos pasang atau ada juga yang harga Rp.600 ribu termasuk ongkos pasang, kita tinggal memilih sesuai budget, biasanya ketika membeli remote di toko variasi mobil, kita akan ditawarkan dengan beragam harga dan merek, untuk harga remote universal termurah itu pun sudah cukup jika dilihat fungsinya yang antara lain remote pintu atau meremote central lock, bunyi sirine ketika pintu dibuka tanpa remote dan fitur remote mobil pada umumnya.
Remote Mobil Harga 300 ribuan

3. Terbalik Pasang Battray Remote
Baterai remote mobil
Jika mengganti sendiri battray remote harus diperhatikan dengan teliti kutub Negatif dan Positif Battray, karena baterai remote itu ukurannya kecil dan antara Positif Negatif hampir Mirip secara fisik, karena itu perlu diperhatikan tanda + dan - yang terdapat pada battray agar tidak salah pasang.
Tanda minus pada baterai ditaruh pada bagian yang ada pegas atau ada per-nya.

Akibat Jika battray sempat terbalik sekali saja maka remote akan rusak permanen dan tidak bisa digunakan lagi.

Semoga bermanfaat.