Cara Merawat Rem Tromol Mobil Agar Lebih Pakem

Otoqita.com - Ini untuk Anda yang bertanya mengapa rem tromol pada roda belakang mobil saya tidak pakem? Rem tromol mobil banyak digunakan pada sistem pengereman untuk roda belakang, rem tromol juga digunakan sebagai rem parkir karena saat kita menarik tuas rem tangan, maka rem tromol yang akan bekerja untuk mengunci roda agar tidak bergerak.

Sistem rem pada kendaraan adalah komponen vital yang erat hubungannya dengan keselamatan kita saat berkendara dijalan raya.

Berdasarkan catatan kerja saya, rem tromol mobil yang terdapat pada roda belakang, sampai kilometer tempuh mobil 400 ribu kilometer pun sepatu rem atau brake soe atau kampas rem tromol kondisinya masih tebal dan belum layak untuk diganti, termasuk juga tromolnya itu sendiri.
rem tromol mobil sedan

Berbeda dengan rem cakram yang terdapat pada roda depan, untuk kampas rem cakram pada roda depan di kilometer tempuh 100 ribu sampai 120 ribu sudah harus diwaspadai karena kampas rem sudah mulai tipis.

Kalau memang mobil rajin service tentu tidak perlu khawatir dengan kondisi sistem pengereman, karena setiap service yang pastinya sistem rem akan selalu diperiksa dan dibersihkan.

Beberapa tips sederhana agar rem tromol lebih pakem:
1. Rajin service dan periksa kemungkinan rembesan minyak rem di roda.
2. Periksa ketinggian tuas rem tangan saat ditarik, jika saat ditarik terdengar bunyi klik diatas sembilan kali, rem tangan rawan lolos atau rawan blong saat tuas handrem ditarik.
3. Setel Rem tromol, ini bertujuan agar lebih pakem saat digunakan untuk mengerem,terutama saat parkir ditempat yang tidak datar, untuk cara penyetelan rem tomol sudah saya tulis, silakan lihat DISINI.
Gambar Tuas Handrem Saat buka konsol box pada kijang innova

4. Penyetelan rem tromol melalui consol box kurang disarankan, karena hasil tidak maksimal, disamping itu kita tidak akan mengetahui kondisi ketebalan kampas rem diroda.

5. Bersihkan rem tromol, ini bertujuan untuk menghindari rem tromol macet atau rem tidak terbebas saat handrem sudah diturunkan atau roda tidak berputar padahal handrem sudah diturunkan.

Semoga bermanfaat cara merawat dan membuat rem tromol lebih pakem diatas.