Cara Merawat Ac Mobil Supaya Tetap Dingin

Otoqita.com - Cara merawat ac mobil agar ac mobil tetap dingin dan udara dalam kabin lebih segar. Biasanya ac mobil mulai bermasalah disaat pemakaian mobil mulai dua tahun dari kondisi baru, itu pun jika ac mobil tidak dilengkapi filter kabin dari baru mobil dibeli, masalah awal yang biasanya timbul pada ac mobil adalah angin ac kurang kencang dan angin ac nya kurang dingin.

Pada kebanyakan mobil baru, ac mobil yang mulai tidak dingin atau kurang terasa dingin ini tidaklah disebabkan oleh masalah teknis (kerusakan) yang terjadi pada komponen ac mobil.
Panel ac kijang innova tahun 2012

Tetapi karena kondisi evaporator yang mulai kotor dipenuhi debu atau semacam lendir, sehingga hembusan dan hisapan angin atau sirkulasi udara didalam kabin kurang, dan tidak mampu untuk mendinginkan ruangan kabin yang luas.
Evaporator ac kijang inova 2012
Evaporator Kijang Innova 2012
Gambar diatas adalah kondisi Evaporator kijang Innova tahun 2012 dengan kilometer tempuh 76000 kilometer, kalau dilihat kondisi belum terlalu kotor karena memang sudah ada filter kabinnya, masalahnya adalah bau saat ac dinyalakan akibat lendir yang tidak bisa hilang sendiri dan menempel di Evaporator.

Lihat juga Cara Mencuci Evaporator Ac Mobil

Tips Supaya Ac Mobil Tetap Dingin
1. Ketika Cuci mobil, jangan lupa bersihkan kondensor dari debu yang menempel dipermukaan kondensor dengan semprotan air.

2. Menjaga kebersihan kabin dari debu-debu dan pasir yang biasanya suka bersenbunyi dibawah jok, dibawah karpet, konsol box dengan cara rajin vacuum. Agar debu tidak terhisap oleh blower ac dan masuk ke Evaporator.

3. Pasang filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran agar Evaporator ac tidak cepat kotor, untuk filter kabin silakan lihat DISINI.

4. Periksa filter kabin dan bersihkan setiap service dengan cara disemprot angin atau vacuum atau pun ganti yang baru. Untuk filter kabin biasanya terletak diatas blower, silakan lihat contohnya DISINI.

5. Cek putaran extra fan jika mobil menggunakan extra fan, extra fan atau kipas kondensor akan berputar membuang panas kondensor saat ac hidup.

Jika mobil tidak menggunakan extra fan seperti Avanza xenia, rush, vios dan lain-lain, periksa apakah kipas radiator berputar saat ac hidup, karena kipas radiatornya sekaligus berfungsi sebagai extra fan. Silakan lihat gambar kipas radiator yang sekaligus berfungsi sebagai extra fan saat ac hidup DISINI.

6. Kurangi terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar, agar debu-debu dari luar tidak masuk ke kabin.

7. Kurangi merokok atau tidak merokok saat ac mobil sedang dihidupkan, agar asap tidak masuk ke Evaporator.

8. Hindari menggantung parfum yang tajam didekat putaran blower ac atau pun menaruh parfum di grill ac.

9. Terkadang kita enggan melakukan perawatan terhadap ac mobil, biasanya hanya jika ac mobil sudah mulai bermasalah melakukan perbaikan, hal itu memang tidak bisa dipungkiri mungkin ada hal yang lebih penting, tapi setidaknya periksa filter kabin sebulan atau dua bulan sekali atau setiap service.

10.Perhatikan rpm mesin saat ac hidup,
Gambar rpm ngedrop saat ac hidup
Rpm mesin yang rendah saat ac hidup akan mempengaruhi dinginnya ac,seperti contoh masih di kijang innova tahun 2012 ini, akibat rpm ngedrop saat ac hidup, dingin ac kurang menggigit, setelah thottle body dibersihkan rpm saat ac hidup pun naik dan ac terasa lebih dingin lagi.

Seperti terlihat gambar diatas, rpm ngedrop berada disekitar angka 600 sampai 650 rpm,yang seharusnya berada dikisaran 900 rpm.

Semoga bermanfaat.