Akibat Kelebihan Tekanan Angin Ban Mobil

Otoqita.com - Apa efek atau akibat tekanan angin berlebihan pada Ban Mobil? Beberapa diantara kita masih belum sadar apa yang diakibatkan jika mengisi angin ban tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada label pengisian angin Ban.

Tahu-tahunya tiba-tiba mobil yang kita kendarai akan terasa goyang-goyang saat jalan dan memang kelebihan tekanan angin ban akan membuat ban benjol yang efeknya mobil akan terasa goyang saat jalan.

Dalam kasus ban rusak atau ban benjol yang sering saya temui, rata-rata ketika diukur tekanan angin ban tersebut melebihi 50 psi dan hal ini tidak memandang apakah ban tersebut masih tebal atau sudah tipis,seperti terlihat pada gambar Ban benjol dibawah ini.
Gambar Ban benjol akibat berlebihan angin ban

Pada kasus yang ekstrim ban benjol jika ditaruh di roda belakang yang kebetulan mobil tersebut berpenggerak roda belakang akan membuat mobil seperti ditarik-tarik dari belakang, untuk hal ini silakan lihat DISINI.

Apakah ban benjol seperti diatas bisa diperbaiki? Ban benjol tidak bisa diperbaiki, meskipun tekanan angin sudah diturunkan mengikuti standar antara 33 hingga 40 psi, ban akan tetap terlihat benjol dan harus ganti dengan ban baru.

Semoga bermanfaat.