Tips Memperbaiki Power Window Daihatsu Gran Max D Macet

Otoqita.com - Mengatasi atau memperbaiki power window daihatsu Gran Max D macet atau tidak berfungsi. Ketika power window macet atau tidak berfungsi kaca jendela pintu mobil tidak bisa naik dan turun dari saklar power window.

Ini tips saja untuk daihatsu Gran Max D yang beberapa waktu lalu saya temui, seperti penanganan masalah kelistrikan mobil yang lain tentu saja hal pertama yang dilihat atau dicari penyebabnya adalah sekring terlebih dahulu.
Gambar Power window Gran Max D

Mencari sekring power window daihatsu Gran Max D letak atau posisinya berada dimana? Dikotak sekring yang berada di sebelah kanan bawah setir tidak akan ditemukan sekring power window, begitu pula di kotak sekring yang terletak dibawah jok depan kiri tepatnya disamping mesin dekat dengan aki juga tidak ada sekring power window. Cara melihat sekring yang terletak diruang mesin harus membuka kancingan jok depan kiri, kemudian sandarkan jok kebelakang.

Letak sekring Power window daihatsu Gran Max D berada diatas pedal gas atau berada diatas pedal rem, menggantung diikat dengan bungkusan jalur kabel dibelakang agak keatas dari rumah sekring. Kondisi sekring terlihat bagus atau tidak terlihat putus, tetapi kenapa power window tidak berfungsi dan lampu led yang terdapat pada saklar power window pintu kanan depan terkadang hidup dan terkadang mati saat kunci kontak posisi ON.

Setelah diperiksa jalur kabel ternyata power suply untuk power window melewati sebuah relay open close, coba lepas relay tersebut dan jumper langsung rumah relay pada kaki relay 87 dengan 30 saat kunci kontak ON, lampu led indikator power window di pintu kanan nyala normal dan coba tekan saklar power window untuk naik dan turunkan kaca ternyata normal dan power window berfungsi dengan baik.
Gambar soket atau rumah relay power window gran max D

Jadi bisa disimpulkan kerusakan power window pada kasus diatas adalah karena kontak relay rusak dan tidak bisa terhubung dengan baik saat kunci kontak ON, solusi adalah mengganti relay yang rusak tersebut, harga relay tersebut adalah sekitar Rp.25 ribu, relay menggunakan 4 kaki dengan tipe Open Close.

Cara mengganti relay power window daihatsu Gran Max D cukup mudah karena sudah ada rumah relaynya, jadi tinggal kita colok saja relay kerumah relay.

Hanya saja ada sedikit catatan ketika beli relay, bawa contoh dan samakan posisi angka kaki dibawah relay agar tidak salah, karena posisi nomor dibelakang relay ada dua macam:
1. Posisi kaki 30 dan 87 berhadapan
2. Posisi kaki 30 dan 87 berdampingan.

Semoga bermanfaat.