Tips Hemat Bensin Mobil Dengan Cara Mudah

Otoqita.com - Tips Hemat bensin Mobil atau Cara hemat bbm mobil, banyak hal yang bisa berpengaruh terhadap konsumsi bbm saat kita berkendara,cara kita mengemudi, medan yang dilalui dan kondisi mesin mobil.
Mengemudikan mobil

Berikut beberapa langkah mudah hemat bbm mobil:
1. Sebisa mungkin hindari pemanasan mesin yang terlalu lama cukup 2 sampai 3 menit saja, apalagi jika mobil parkir digarasi dekat dengan ruang keluarga, jika pemanasan mesin terlalu lama, bisa membuat anggota keluarga terganggu pernafasan dengan mencium gas hasil pembakaran mesin mobil.

2.Lakukan pepindahan gigi transmisi pada RPM mesin 2000 sampai 3000
Semakin tinggi RPm mesin mobil semakin banyak bensin yang dibutuhkan sementara jarak yang ditempuh kurang, jadi harus pandai-pandai menyesuaikan rpm mesin dengan gigi persneleng yang digunakan.

3.Hindari Pengereman dan akselerasi mendadak
Karena banyak juga yang beranggapan bahwa konsumsi bensin mobil tergantung kaki kanan saat injak pedal Gas.

4. Selalu periksa tekanan Angin Ban dan Gunakan tekanan angin Ban sesuai Rekomendasi
Ingat, ban kurang angin atau sedikit kempes merupakan beban tambahan buat mesin.

5.Sebisa mungkin menghindari kemacetan lalu lintas dan mengurangi berat beban kendaraan, kurangi muatan yang tidak perlu.
Buang muatan yang tidak perlu

6. Hindari Injak Pedal Gas Saat starter Mobil
Sudah jadi kebiasaan sebelum datang mobil Injeksi, selalu kita menghidupkan mobil dengan menginjak beberapa kali pedal Gas agar mesin hidup, untuk mobil sekarang kebisaan itu tidak perlu lagi.

7. Matikan Mesin Jika Tidak Perlu Mesin Mobil Hidup
Terkadang ini jadi kebiasaan kita, menghidupkan mesin saat parkir atau sedang menunggu.

8. Lakukan servis rutin atau perawatan berkala secara teratur.
Karena masalah umum yang sering menjadi penyebab mobil boros bensin diantaranya masalah pada busi, kondisi filter udara dan thottle body yang kotor, untuk throttle body kotor menjadi penyebab boros bensin, sudah saya tulis terlebih dahulu silakan lihat DISINI.

9. Periksa Kelurusan Roda Depan, roda depan yang tidak lurus selain membuat stir berat juga menjadi beban mesin.

Berikut adalah Cara Mengukur Pemakaian Bensin
  1. Isi Bensin atau Bahan Bakar Sampai Penuh
  2. Catat Kilometer atau Angka yang tertera pada Odometer saat Isi bensin Pertama, jika mobil terdapat Trip A dan Trip B, itu lebih mudah, kita tinggal kosongkan saja TRip A.
  3. Pergunakan mobil seperti biasa.
  4. Saat akan mengisi bensin kembali, catat berapa angka Odometer yang tertera atau berapa Angka pada TRip A.
  5. Isi Bahan bakar di POM bensin yang sama sampai penuh, kemudian catat berapa liter bensin yang masuk ketangki atau minta struk pembelian agar lebih mudah.

Cara Hitung  Konsumsi BBM
Berapa angka yang ditunjukan oleh TRip A dibagi berapa liter bensin yang dibeli, atau berapa selisih antara Odometer akhir dengan odometer awal dibagi dengan berapa liter bensin yang dibeli, di sana akan ketemu konsumsi pemakaina bensin mobil.

Berapa idealnya konsumsi bensin sedan 1500cc? ini diambil contoh saja Idealnya untuk sedan 1500 cc konsumsi bensin adalah antara 11 sampai 12 kilometer per liter, perlu jadi catatan juga mobil yang terlalu irit juga menjadi masalah tersendiri terhadap performa mesin.

Semoga bermanfaat beberapa cara untuk menghemat bahan-bakar mobil diatas.