Fungsi Dioda Sebagai Pengaman Perangkat Elektronika Mobil

Otoqita.com - Fungsi Dioda sebagai komponen pengaman elektronika di mobil. Untuk menghindari terbakar atau rusaknya perangkat elektronika di mobil, semisal ECU, radio/tape, dvd, tv atau radio calling jika terjadi kesalahan akibat salah pasang atau terbalik polaritas kutub batray atau aki agar perangkat tersebut tidak rusak.

Apakah mungkin kesalahan seperti itu bisa terjadi...? kemungkinan akan selalu ada, seperti yang penulis temui kijang grand tahun 1993 terbalik polaritas kutub batray saat memasangnya atau silakan lihat  Kijang Innova V Salah Pasang Aki
Dioda Pada ECM Kijang Innova

Akibat yang ditimbulkan dari Salah Pasang kutub batray (aki) yang jelas alternator rusak, dioda rectifier putus atau terbakar,jika tidak ada sekring ALTernator, perangkat elektronika yang terpasang mengalami gangguan.
Gambar Dioda Rectifier Kijang Grand yang sudah di ganti

Seperti yang saya temui pada kijang grand tahun 1993,tapi ini sudah beberapa tahun yang lalu terjadi, seperti terlihat gambar-diatas,dioda rectifier rusak dan harus diganti, selain itu, semua perangkat elektronik yang terhubung dengan stand by Positif Aki putus sekringnya. Tetapi tidak sampai terbakar atau mengalami kerusakan parah, lho kok bisa ???

Perangkat elektronik yang terpasang pada kendaraan biasanya sudah di lengkapi dengan pengaman dari polaritas terbalik kutub batray, berupa dioda yang memiliki kemampuan arus besar, agar sekring putus terlebih dahulu ketika salah pasang aki.

Berikut cara kerja Dioda yang berfungsi sebagai pengaman tersebut :
Cara Kerja dioda saat pasang aki terbalik

Pada gambar B bisa dijelaskan ketika kutub batray di pasang terbalik arus listrik mengalir seperti terlihat pada garis biru dan menghubung-singkatkan kutub positif (+) dan negatif (-) aki dan sekring putus. Tentu saja diperlukan dioda dengan kemampuan mengalirkan arus besar agar sanggup memutus sekring.

Sebaliknya jika dioda yang terpasang, memilki kemampuan mengalirkan arus lebih kecil dari pada sekring, maka dioda akan putus terlebih dulu dan arus listrik akan mengalir melewati perangkat elektronika dan merusak perangkat tersebut.
Gambar dioda Pengaman Pada radio Transceiver

Semoga bermanfaat dan setelah membaca artikel ini, saya berharap hal yang sama tidak terjadi dengan mobil anda.