Cara Mudah Mengetahui IC Regulator Rusak Pada Alternator

Otoqita.com - Cara mengetahui kerusakan Ic regulator yang terdapat didalam Alternator rusak sebenarnya cukup mudah.

Didalam alternator itu sendiri terdapat beberapa komponen dengan tugasnya masing-masing, untuk hal ini tidak perlu dibahas lagi, silakan lihat DISINI.

Pada tulisan ini hanya membahas bagaimana cara saya mengetahui IC regulator dinamo amper yang berfungsi untuk cas aki mobil ini rusak:

1. Saat kunci kontak ON, seharusnya pada Alternator terdapat medan magnet, jika ditempelkan logam pada puli alternator akan terasa tarikan magnet. Atau pada terminal IG atau terminal F pada alternator lama terdapat tegangan Plus battray. Untuk pemeriksaan Alternator juga sudah saya tulis, silakan lihat DiSINI.

2. Jika saat kunci kontak ON terdapat tegangan pada terminal IG atau terminal F pada Alternator, tetapi tidak ada tarikan magnet, langkah berikutnya harus membongkar Alternator dari mesin.
Gambar dinamo amper avanza di ganti karbon brush
Pada gambar Alternator diatas, IC regulator jadi satu dengan soket terminal IG Alternator.

3. Langkah ketiga adalah periksa carbon brush(cool) dan hubungan rotor slip rings, jika kondisi carbon brush masih panjang dan hubungan sliprings baik ketika diukur dengan OHM meter biasanya nilai tahanan gulungan rotor kurang dari 4 ohm.
Gambar alternator toyota limo dibuka dioda rectifier dan ic regulatornya

4. Jika ada tegangan pada IG alternator atau terminal F, Kondisi carbon brush baik serta hubungan rotor sliprings juga baik, bisa dipastikan kerusakan ada pada IC regulator Alternator.

Cara Mengatasi IC Regulator Rusak
IC regulator rusak tidak bisa diperbaiki, Jika Ic regulator rusak cara mengatasinya adalah dengan mengganti Ic regulator tersebut, atau kalau tidak mau report tinggal beli Alternator baru atau yang rekondisi.

Semoga bermanfaat untuk Anda yang mencari cara mengetahui IC Regulator Alternator rusak.