Bunyi Mencicit Saat Mobil Dihidupkan

Otoqita.com - Mengetahui penyebab mesin mobil bunyi mencicit saat dihidupkan tetapi lama kelamaan bunyi mencicit tersebut hilang, karena bunyi mencicit tersebut lumayan keras terdengar dari tempat yang agak jauh.

Bunyi mencicit saat mesin dihidupkan itu disebabkan oleh vbelt atau drive belt yang memutar alternator, kompresor ac, idle puly atau pompa power steering kurang kencang atau masih kendor.

Tentu saja cara memperbaiki atau cara menghilangkan bunyi mencicit saat mesin mobil dihidupkan adalah dengan mengencangkan drive belt yang memutar beberapa komponen yang sudah disebutkan diatas.

Berikut adalah salah satu cara mengencangkan drive belt atau tali kipas pada mobil Avanza atau Xenia, yang bisa dilakukan sendiri.
1. Alat yang perlu disediakan adalah kunci 14 ring atau 14 kombinasi dan kunci 12 kombinasi.
2. Cara Menyetel kekencangan tali kipas Avanza atau Xenia
  • Gunakan kunci 14 ring untuk mengendurkan baut 14 dibawah Alternator
  • Gambar cara buka baut Alternator Avanza
  • Setelah baut 14 dibawah kendur, kendurkan sedikit baut 12 yang berfungsi sebagai pengunci, lihat gambar dibawah.
  • Gambar cara buka baut pengunci setelan Alternator Avanza
  • Setel kekencangan tali kipas secukupnya dengan memutar baut setelah searah jarum jam, setelah drive belt cukup kencang, kencangkan kembali baut pengunci di atas alternator dan baut 14 dibawah Alternator.
Gambar cara kencangkan tali kipas mobil Avanza
Untuk kendaraan-kendaraan lain prinsipnya sama, hanya saja tempat untuk penyetelannya berbeda, seperti kijang kapsul, kijang grand penyetelan kekencangan tali kipas berada di idler puly yang berada di bawah.

Semoga bermanfaat.