Apa Akibat Jika Pasang Terminal Aki Mobil Terbalik

Otoqita.com - Dampak atau akibat terminal aki mobil yang dipasang terbalik positif negatifnya. Pemasangan aki mobil tidak boleh terbalik antara kabel aki positif dan negatif, karena itu sebelum memasang aki ketika mengganti aki baru ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa hal yang sekiranya perlu diperhatikan sewaktu ganti aki mobil sendiri, terlepas apakah kita mau beli aki basah atau pun aki kering:
  1. Gunakan aki yang memiliki Amper yang sama dengan bawaan mobil
  2. Jika ingin mengganti dengan Ampere aki yang lebih besar, perlu diperhitungkan ukuran aki dan dudukan aki apakah muat jika menggunakan aki yang memiliki ukuran Amper lebih besar.
  3. Saat membeli aki perlu diperhatikan adalah ukuran terminal aki dan posisi terminal aki, ukuran terminal aki ada yang besar dan ada yang kecil, jadi pastikan memiliki ukuran yang sama besar terminal aki posistif dan negatifnya dengan aki bawaan mobil.
  4. Posisi terminal aki, posisi terminal aki juga ada yang berada di sebelah kiri atau sebelah kanan aki, pastikan posisi terminal aki tersebut sama dengan aki mobil yang lama.
Gambar kepala aki atau terminal aki mobil positif dan negatif
Tips Pasang Aki Mobil
Ketika memasang aki perlu diperhatikan antara terminal positif dan negatif, terminal positif dan negatif terdapat tanda positif dan negatif didekat terminal aki tersebut, disamping itu terminal aki positif dan negatif bisa dibedakan secara visual dari ukuran terminalnya, teminal aki positif lebih besar dari terminal aki negatif.

Berikut adalah salah satu akibat terbalik terminal aki saat pasang, secara kebetulan saja terjadi pada Toyota Kijang Innova V 2.0 :
1. Akibat terbalik terminal aki Pada Kijang Innova V 2.0 akan membuat beberapa sekring terputus, diantaranya yang paling dulu terkena adalah sekring ALT atau sekring Alternator, sekring ECU-B putus menyebabkan mesin tidak bisa hidup dan sekring ETCS-i putus menyebabkan mobil kijang innova bensin tidak bisa digas dan rpm mobil tidak mau naik, serta tidak menutup kemungkinan beberapa sekring yang lain. Untuk penggantian sekring ALT sudah saya tulis silakan lihat Bagaimana cara Mengganti Fusible Link pada Innova.

Gambar Sekring Kijang Innova V 2.0 di ruang Mesin
Untuk kendaraan kendaraan lama biasanya tidak ada sekring ALT, jika pasang aki mobil terbalik akan mengakibatkan kerusakan pada Alternator, tepatnya adalah kerusakan Dioda Rectifier.

2. ECM atau Ecu Kijang Innova mengalami gangguan atau rusak, seperti terlihat gambar di bawah ini.

Ecu Kijang Innova-V rusak-dampak-terbaliknya pemasangan terminal aki

3. Hal ketiga adalah Mesin Mobil Tidak bisa hidup.

Demikian semoga bermanfaat, agar kita lebih berhati-hati saat pasang aki mobil.