Mobil Bunyi Bising Atau Berisik Saat Jalan Itu Kenapa Ya?

Otoqita.com - Mendeteksi bunyi bising atau bunyi berisik mobil saat jalan. Mas mobil saya kalau jalan diatas 40 km/jam terdengar bunyi yang sangat mengganggu ditelinga, suaranya menderu gitu apa penyebabnya ya? jadi tidak nyaman kalau saya lagi nyetir, telinga juga terasa sakit mendengarnya dan perasaan kemarin-kemarin nya tidak begitu.
Gambar roda mobil sedan

Kalau begitu mari kita test jalan yang mana yang dimaksud suara berisik tersebut. Saat test jalan akhirnya diketahui apa penyebab mobil sedan tersebut berisik. Ketika berada dikecepatan rendah dibawah 40km/jam belum terdengar jelas dari mana asal datangnya bunyi tersebut, tetapi ketika kecepatan dinaikan diatas 40km/jam mulai terdengarlah asal bunyi berisik yang dikeluhkan.

Bunyi berisik tersebut sepertinya beasal dari roda depan kiri, semakin ditambah kecepatan bunyi tersebut terdengar dengan jelas dan memang sangat mengganggu karena suaranya yang menderu dengan keras.

Dari sana bisa dianalisa kerusakan terjadi pada bearing roda depan kiri atau kalau orang jawa bilang kelakernya yang diroda rusak.

Untuk memastikan memang kolaher yang rusak bisa dengan cara periksa roda satu persatu dengan cara mendongkrak, setelah mobil didongkrak dan roda terbebas dari tanah, kemudian putar roda dengan tangan, kalau kerusakan kolaher roda sudah parah begitu roda diputar akan terdengar bunyi grek-grek-grek-grek.

Tetapi kalau kerusakan bearing roda atau kerusakan klaker roda tidak terlalu parah, tidak sampai terdengar bunyi ketika roda diputar dengan tangan, tetapi bisa dirasakan getarannya saat roda diputar dengan memegang bagian yang dekat dengan roda seperti shock atau per shock-nya.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah kerusakan bearing roda bisa diperbaiki, bearing roda rusak tidak bisa diperbaiki bearingnya melainkan harus di ganti bearing roda tersebut.

Pertanyaan selanjutnya apakah bisa ganti bearing roda sendiri, jawabanya adalah bisa kalau ada peralatan lengkap termasuk alat pressnya, saran Otomotif Qita kalau bearing roda rusak bawa kebengkel kepercayaan untuk sekaligus periksa tetangga-tetangga bearing yang mungkin mengalami kerusakan, apakah itu as roda, bushing bushing arm atau pun sistem rem, suspensi, dimana bagian bagian tersebut adalah tetangga berdekatan dengan bearing roda.

Untuk pengunjung yang ingin tahu cara praktis membedakan bunyi berisik mobil akibat ban atau kolaher silakan lihat caranya DISINI.

Semoga bermanfaat.