Apa Fungsi Kabel Remote Pada Power Audio Tape Mobil

Otoqita.com - Mengetahui fungsi kabel rem yang terdapat pada tape mobil, buat kita yang awam tentu akan bertanya apa sih kegunaan kabel REM yang bisa berwarna biru atau ada yang berwarna biru strip putih yang terdapat pada kabel power suplai di belakang tape mobil.

Kabel dengan tulisan rem atau remote pada kabel tape mobil berfungsi untuk meremote peralatan audio seperti power amplifier tambahan tape mobil atau untuk meremot power antenna yang berguna untuk naik dan turun antena elektrik saat tape mobil dihidupkan atau pun dimatikan, power antena biasanya terdapat pada mobil sedan yang terletak di samping bagasi atau samping kap mesin mobil atau spark board.

Kabel Remote Tape Mobil

Kabel remote ini menggunakan arus listrik terbatas dan hanya mengijinkan arus listrik mengalir melewati kabel ini maksimal 0,1 Ampere atau 100 mA sampai 0,3 Ampere. Jika kabel remote ini rusak atau tidak mengeluarkan arus listrik maka power antenna atau power amplifier tidak bisa di hidupkan saat radio tape hidup.

Tetapi jika arus listrik hilang dari kabel REM atau kabel REM ini tidak mengeluarkan tegangan saat tape ON, Power amplifier tape mobil masih bisa di hidupkan dengan cara mengambil arus listrik ACC dari kunci kontak, dan menyambung kabel dari ACC kunci kontak langsung menuju terminal REM yang terdapat pada Power Amplifier.

Artinya power amplifier akan hidup begitu kunci kontak posisi ACC, terlepas dari apakah tape mobil sedang dihidupkan atau pun dimatikan. Catatan hal ini bisa dilakukan jikalau kabel remote tape mobil rusak atau tidak mengeluarkan arus listrik yang cukup untuk meRemote Amplifier.

Cara lain untuk menghidupkan ampli mobil atau untuk test ampli mobil adalah dengan cara terminal B+ dan Rem digabung, ini hanya untuk mengetes saja, karena jika disambung terus antara terminal B+ dan Terminal REM akan menghabiskan setrum aki saat mobil tidak hidup.

Power Ampli Audio Mobil

Kabel rem atau remote pada tape mobil
di atas terhubung dengan terminal remote pada power amplifier seperti terlihat pada gambar di atas (REM). Cara kerjanya ketika tape mobil di hidupkan pada kabel rem/remote mengeluarkan arus listrik untuk memberikan tegangan listrik pada terminal remote pada amplifier audio mobil.

Beberapa waktu yang lalu juga ada yang menanyakan tentang fungsi soket RJ11 (bentuknya seperti soket untuk LAN atau seperti soket telpon rumah) yang juga terdapat tulisan remote pada soket yang menempel pada power Amplifier.

Sedangkan untuk fungsi soket REMOTE yang menggunakan soket RJ11 (untuk Power Amplifier tertentu) itu berfungsi untuk mengatur Volume Power Amplifier atau external volume yang bisa diletakkan di dekat dengan kita mengemudi, agar volume amplifier bisa diatur dengan mudah sesuai selera tanpa mengatur volume secara langsung di Power, karena memang biasanya Power Amplifier memang ditaruh ditempat yang agak tersembunyi, seperti bawah jok, bagasi dan lain-lain.

Arti GND atau Ground dan B+ Pada Terminal Power Audio Amplifier
Seperti terlihat pada gambar terminal Power Ampli diatas, untuk cara memasang ampli mobil ke aki adalah lihat pada power ampli mobil terdapat terminal dengan tulisan GND dan B+, fungsi masing-masing terminal adalah:
GND : adalah untuk disambungkan ke kabel Ground atau biasanya ke body kendaraan, kalau ke negatif aki perlu kabel yang panjang.
B+     : adalah untuk disambungkan ke Battery + atau battery positif atau terminal B+ disambungkan ke aki pada terminal positif.

Biasanya untuk kedua kabel yang tersambung dengan terminal GND dan B+ ini dipergunakan kabel yang ukurannya agak besar untuk mensuplai kebutuhan arus listrik Power Audio.