Tips Mesin Sulit Hidup Hyundai Bimantara

Otoqita.com – Mesin susah dihidupkan akibat ECT (engine coolant temperatur) atau WTS (water temperatur sensor) pada mesin injeksi Hyundai Elantra atau Bimantara.

ECT atau WTS berfungsi untuk mendeteksi temperatur suhu air radiator mesin, untuk menhidupkan kipas radiator ketika temperatur kerja sudah tercapai.

Ini sekedar tips saja, jika suka dengan DIY otomotif, mau merubah jalur listrik kipas radiator tanpa melewati ECT atau WTS khususnya untuk mobil EFI seperti Hyundai Bimantara.
Maksudnya adalah merubah kipas radiator supaya hidup begitu kunci kontak ON, tetapi ini tidak dianjurkan meskipun banyak juga ditemui.

Tips Merubah Aliran Listrik Kipas Radiator
Jika mau merubah aliran listrik kipas radiator langsung ON saat kunci kontak ON dengan menggunakan tambahan relay adalah pastikan ECT atau WTs tetap berfungsi dengan baik, tidak ada open circuit pada ETC atau WTS.

Karena jika terjadi Open Circuit atau Kabel ETC atau WTS tidak terpasang akan berpengaruh pada kerja Injektor. Injektor akan memberikan bensin yang lebih banyak, menyebabkan banjir dan mesin sulit dihidupkan akibat banjir bensin tersebut.
Gambar Letak Switch Temperatur Hyundai Bimantara, Elantra atau Hyundai Accent

Efek lain jika WTS atau ECT tidak berfungsi atau terjadi open Circuit atau kabel terlepas adalah Lampu Check Engine akan Nyala dan RPM mesin cenderung lebih tinggi, karena dianggap mesin masih dingin, sehingga ECM atau ECU akan memerintahkan Warming UP engine terus menerus, itu gambaran mudahnya. Sehingga RPM mesin akan terus tinggi saat Idle.

Selain hal tersebut ketika mesin telah hidup, mesin mrebet dan asap hitam keluar dari knalpot sebagai tanda terlampau banyak bensin yang masuk ke ruang bakar.

Seperti terlihat gambar diatas, jika kondisi sambungan kabel atau soket sensor temperatur rusak,lebih baik ganti soket atau perbaiki kabel tersebut agar tidak mudah terlepas.