Mesin Kijang Innova Saya Bunyi Apa Sebabnya Mas?

Otoqita.com - Mengetahui penyebab bunyi pada mesin kijang innova dan bunyi terdengar sewaktu ac mobil dihidupkan.

Ini sifatnya sebuah cerita saja, ketika seorang Ibu bertanya, Mas kayaknya ada yang aneh deh dari mesin Innova saya? Aneh kenapa Bu? jawab saya. Ada bunyi aneh yang tidak biasa saya dengarkan terdengar dari mesin, jawab sang Ibu.

Kalau begitu bawa saja ketempat saya BU biar saya periksa penyebabnya. Setibanya ditempat, langsung buka kap mesin sambil dengarkan bunyi bagaimana yang dimaksudkan. Ternyata tidak ada bunyi yang aneh dari mesin. Tetapi ketika ac mobil dihidupkan tidak berapa lama kemudian terdengar bunyi krek krek agak kecil.

Melihat asal bunyi dan bunyi nya itu sendiri tidak seperti bunyi kompresor ngorok yang artinya bukan kompresor ac yang menyebabkan bunyi.

Bunyi berasal dari sebelah kiri mesin kalau posisi kita berhadapan dengan mesin, setelah diperhatikan secara seksama bunyi sepertinya berasal dari Otomatis tensioner yang bergetar saat ac dihidupkan karena Automatic Tensioner ini menahan beban tambahan dari tali kipas saat ac hidup.

Saat ac tidak dihidupkan putaran Automatic Tensioner terlihat normal tidak ada getaran sehingga tidak menimbulkan bunyi.

Automatic Tensioner ini pada kijang innova berperan atau berfungsi untuk mengatur secara otomatis kekencangan tali kipas didalam tensioner terdapat bearing dan bearing sudah mulai Aus atau kocak.
Gambar rangkaian talikipas kijang Innova
Ketika bearing Automatic tensioner (lihat gamar diatas posisinya) mulai oblag atau mulai rusak akan menyebabkan tensioner terlihat bergetar saat ac hidup dan menyebabkan bunyi, getaran tensioner rusak saat ac dihidupkan bisa dilihat dari atas. Dan bunyi yang terdengar juga seirama dengan getaran yang terlihat tersebut.
Gambar Tensioner kijang Innova Di buka
Kembali ke dialog saya sama sang IBU, bagaimana mas apanya yang rusak? Ooo itu yang rusak tensionernya tepat nya bearing atau kolahernya BU. Bagaimana dong sekarang apa bisa dipakai mobilnya, masalahnya itu mobil masih dipakai sama orang 3 hari kedepan.

Ndak papa itu Bu pakai saja dulu, toh sekarang juga masih liburan tahun baru, toko sparepart juga masih tutup, nanti setelah tahun baru itu kita ganti.

Bener aman itu Mas? tanya IBU. Ya ndak papa itu aman kok, cuma sedikit bunyi saat ac hidup, ya tapi untungnya IBU lebih peka dari yang setir mobil, jadi bisa dideteksi dari awal.

Sekian terima kasih untuk cara ganti tensioner akan ditulis pada posting terpisah.