Mesin Honda Genio Estilo Tidak Bisa Hidup Karena ECU

Otoqita.com - Artikel tentang Tips Mesin mobil dan mumpung masih hangat Otomotif Qita tulis biar tidak lupa. Yaitu Tips dan Cara Mengatasi mesin honda Genio Estilo tidak bisa hidup karena kerusakan terjadi pada ECM atau ECU nya.

Ceritanya begini, karena sedang direnovasi body Honda Estilo ini mengendap di bengkel Cat ketok kurang lebih satu tahun. Sewaktu pengecatan sudah selesai ketika mesin Honda Estilo ini mau dihidupkan, sampai capek distarter, mesin tidak kunjung hidup karena pompa bensin tidak bekerja. Itu informasi yang saya dapatkan.
Gambar ruang mesin genio estilo

Sampai pada akhirnya seorang kawan memastikan telah terjadi kerusakan pada ECM, dan ECM atau ECU tersebut dibawa ketempat saya. Ketika ECU dibuka sama seperti perkiraan saya sebelumnya pasti ada capasitor Elektrolit yang meledak sehingga keluar cairan elektrolit tersebut dan merusak jalur pcb (Printed Circuit Board) ECU tersebut. Ini seperti yang sudah saya tulis sebelumnya yaitu Perbaikan ECU Genio.

Gambar Ecu Estilo yang sedang diperiksa

Setelah Ecu dibuka memang benar terdapat satu buah ELCO yang berukuran 47mikro farad 50 volt keluar cairan Elektrolitnya dan memutus jalur PCB yang terdapat di sekitarnya. Berikut Gambarnya.

Perbaikan Ecu Estilo

Setelah jalur Pcb yang putus tersebut diperbaiki dan elco yang rusak tersebut diganti, kemudian periksa terdapat kemungkinan lain jalur yang putus akibat elektrolit tersebut.

ECU tersebut saya antar sendiri ke mobilnya hanya untuk memastikan bahwa tidak ada bagian lain selain Ecu yang menjadi Penyebab Mesin Estilo tersebut tidak bisa hidup.

Posisi atau letak Ecu mobil Estilo

Sesampainya di lokasi, langsung tancapkan soket ECU yang berjumlah tiga buah tersebut, ketika kunci kontak di ON kan, terdengar bunyi pompa bensin dari arah belakang dan begitu di starter mesin langsung bisa hidup.

Demikian sedikit cerita pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.