Mesin Bergetar Saat Idle Akibat Kompresi Tidak Sama

Otoqita.com - Tips mengatasi mesin getar ketika rpm idle atau putaran mesin terasa kasar sewaktu idle yang disebabkan oleh pengaruh kompresi pada mesin 4 tak, dalam hal ini mesin 4 silinder karena perbandingan kompresi yang tidak sama pada tiap silinder.

Selain perbandingan kompresi tidak sesuai spek, mesin bergetar saat idle pada mobil EFI juga bisa disebaban karena kondisi injektor, masalah pada sistem pengapian diantaranya api busi tidak terfokus pada elektroda busi atau pun sistem kelistrikan busi yang mengalami gangguan.

Seperti contoh bisa dilihat perbandingan kompresi pada tiap silinder pada mesin dibawah ini, akibat perbandingan kompresi yang tidak sama akan menyebabkan mesin terasa getar keras atau tidak balance, sedangkan mesin bergetar keras akibat masalah lain silakan baca mesin bergetar keras karena injektor buntu.
Gambar test kompresi mesin 1NZ-FE
Kompresi Mesin Silinder 3 dan 4 Masuk Spek
Tips sederhana dan Cara Mengatasi Perbandingan kompresi mesin yang tidak sama, bisa dilakukan dengan memberikan sedikit oli ke ruang bakar melalui lubang busi, cukup beberapa tetes oli.
Gambar test kompresi mesin kurang pada silinder 1 mesin
Kompresi Mesin Pada Silinder 1 dan 2 kurang dari spek

Pemberian sedikit oli ini agar ring piston yang kemungkinan macet bisa mengembang atau kemungkinan kerak yang mengganjal klep mesin, yang menyebabkan kompresi mesin bocor bisa terbuang.

Kemudian putar mesin dalam kondisi lubang busi terbuka untuk beberapa saat untuk mengeluarkan oli dari ruang bakar. Setelah itu ukur kembali kompresi mesin menggunakan kompresi tester dan lihat hasil pengukuran pada tiap silinder.

Biasanya dengan cara ini kompresi mesin yang terlalu rendah pada silinder tertentu bisa diatasi. Lain halnya jika salah satu silinder terjadi bocor pada klep mesin, hal tersebut akan menyebabkan kompresi mesin hilang, seperti Artikel Klep Mesin Bocor.

Catatan:
1. Sebelum melakukan test kompresi mesin lepas sekring EFI, sekring IG atau Relay EFI atau Relay Main atau soket koil, dengan tujuan agar saat mesin distarter Injektor dan/atau sistem pengapian tidak bekerja.

2. Setelah oli mesin dimasukan keruang bakar, ketika mesin dinyalakan akan keluar banyak asap putih dari knalpot untuk beberapa lama sekitar 30 menit, sampai semua sisa oli yang terdapat pada ruang bakar terbakar semua.

3. Setelah asap putih tidak keluar dari knalpot, buka busi dan bersihkan busi kembali.

Semoga bermanfaat.