Kelebihan Busi Dengan Ujung Platinum dan Iridium

Otoqita.com - Kelebihan busi iridium pada mesin mobil, pada kendaraan tegangan tinggi yang dihasilkan gulungan sekunder koil pengapian mobil, menghasilkan percikan (spark) api diantara elektroda tengah busi dengan ground untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresi di dalam silinder.

Beberapa faktor yang mempengaruhi performa mesin dari pengapian busi:

1.Bentuk Elektroda Busi
Elektroda busi yang berbentuk bulat mempersulit pelepasan muatan listrik pada elektroda busi sedangkan elektroda busi yang lebih lancip mempermudah discharge atau pelepasan muatan listrik pada busi.

Lebih mudah menghantarkan muatan listrik untuk busi dengan elektroda tipis dan lancip, tetapi hal ini akan membuat keausan busi jadi lebih cepat. Karena itu diciptakanlah busi dengan lapisan platinum dan iridium pada elektrodanya.

2.Celah Busi

Bila busi sudah mulai aus dan terbentuk celah yang lebih lebar, artinya jarak elektroda tengah busi dengan ground lebih jauh sehingga menyulitkan terjadi loncatan bunga api pada busi tersebut. Akibatnya diperlukan tegangan yang lebih besar untuk menghasilkan loncatan bunga api. Karena itu busi perlu disetel celahnya dan diganti pada interval tertentu.

3.Kerak Pada Elektroda Busi

Kerak pada elektroda busi jika tidak dibersihkan akan menjadi penghantar listrik dari elektroda tengah busi menuju ground melewati dinding keramik busi sehingga loncatan api tidak terlihat dari celah busi, untuk hal ini silakan lebih detail lihat DISINI.
Gambar pengapian mesin oleh busi

Kapan Waktu Ganti Busi Kendaraan
Kapan waktu penggantian Busi juga bervariasi:
1.Untuk busi konvensional : busi diganti tiap 10.000 kilometer hingga 60.000 kilometer.
2.Untuk busi Platinum atau Iridium : busi diganti 100000 kilometer hingga 240.000 kilometer.
Gambar perbedaan bentuk busi konvensional dengan busi platinum atau iridium

Kelebihan Busi Platinum dan Busi Iridium
1. Lifetime atau masa pemakaian yang lebih lama,
2. Tidak perlu menyetel celah busi karena tidak terjadi keausan pada elektroda busi
3. Pelepasan muatan listrik lebih baik karena pusat elektroda lebih kecil dan memiliki performa yang baik.

Gambar contoh busi iridium NGK
Gambar busi iridium unttuk mobil honda Jazz RS
Gambar diatas adalah gambar busi iridium untuk Honda Jazz RS dengan tipe IZFR6K-13, busi NGK Laser Iridium tersebut memiliki nilai tahanan 5 Kilo ohm dengan celah busi 1,3 mm.

Harga busi Iridium tersebut di website resmi NGK sekitar US$12,06 per biji, sedangkan harga busi iridium di pasar lokal ada yang menjual dengan harga Rp. 1.200.000,00 satu set atau 4 biji. Tetapi ada juga yang menjual busi iridium NGK ini dengan harga Rp.900.000,00 satu set atau 4 buah.

Silakan lihat juga busi iridium untuk nissan grand livina.